Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palembang > Kilas Peristiwa
MAGANG MAHASISWA HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Sugiharto
Selasa, 30 Mei 2023   |   671 kali

Palembang, 29 Mei 2023 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang didatangi oleh 4 mahasiswa dan 1 mahasiswi Semerster 7 Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya. Kedatangan mahasiswa ini bertujuan untuk melaksanakan program magang atau Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di KPKNL selama 32 hari kerja yakni sejak 29 Mei-14 Juli 2023. Kuliah kerja Lapangan (KKL) ini dilakukan sebagai bentuk pemenuhan program magang di Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya dan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa Universitas Sriwijaya.

Apa itu Kuliah Kerja Lapangan?

Program yang dilakukan oleh Mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran dan pengalaman di luar perkuliahan. KKL ini adalah bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman dan pembelajaran secara langsung kepada mahasiswa, karena dalam KKL ini Mahasiswa menemui lingkungan baru yang tidak didapatkan selama perkuliahan di kampus. KKL ini juga melatih Mahasiswa agar menjadi mandiri dan mengatasi masalah yang dihadapi dalam lingkungan kerja. KKL ini diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya untuk mahasiswa yang telah menempuh semester 6. KKL diwajibkan bagi seluruh mahasiswa Fakultas Hukum karena KKL ini merupakan salah satu syarat kelulusan. Dengan adanya program KKL ini diharapkan bagi mahasiswa agar dapat meningkatkan skill, mendapatkan pengetahuan baru, sampai membiasakan diri terhadap dunia kerja sehingga dapat lebih terjamin untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Siapa saja yang mengikuti Program Kuliah Kerja Lapangan?

Dalam Program Kuliah Kerja Lapangan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang diikuti oleh 4 mahasiswa dan 1 mahasiswi Semerster 7 Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya. Kelima mahasiswa ini dibagi ke dalam seksi masing-masing yakni dalam seksi Hukum dan Informasi ada Muhammad Rifqi Brilliant Dico dan Taqy Farras, dalam seksi Lelang ada Rohman Kukuh Hidayah, dalam subbagian Umum ada Aprillia Fadiyah Permata, dalam seksi Kepatuhan Internal ada Muhammad Zakirfan Wirandi. Para mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan diarahkan untuk membantu pekerjaan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

Kapan program Kuliah Kerja Lapangan ini dilaksanakan?

Program ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya yakni selama 32 hari kerja atau sejak 29 Mei – 14 Juli 2023. Selama 32 hari tersebut mahasiswa harus datang ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palembang dari jam 08.00-16.00 WIB. Mahasiswa harus melengkapi 32 pertemuan itu bagaimana pun caranya.

Kenapa memilih Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palembang sebagai tempat untuk Kuliah Kerja Lapangan?

Mungkin di antara kita masih ada yang belum begitu mengetahui bagaimana lelang dalam Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang dapat mempertahankan eksistensinya sebagai sebuah sarana jual beli di tengah kehadiran market place yang sangat variatif. Lelang yang telah hadir dari tahun 1908, sampai sekarang masih dapat menemukan segmentasi pasarnya sendiri, meskipun belum begitu besar cakupannya bila dibandingkan market place lainya. Hal ini tidak lain karena lelang dalam Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang mempunyai nilai positif yang bisa jadi tidak ditemukan pada market place lainnya. Agar kami sebagai mahasiswa serta masyarakat bisa mendapatkan informasi yang berimbang tentang lelang KPKNL dan semakin yakin untuk mengikuti KKL di KPKNL, tidak ada salahnya mari kita lihat beberapa alasan kenapa kami memilih Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palembang sebagai tempat KKL, sebagai berikut:

Dapat mengetahui objek Lelang yang dilaksanakan KPKNL, jenis Lelang yang dilaksanakan sangat bervariatif, mulai dari lelang hak tanggungan, lelang rampasan kejaksaan, lelang tegahan bea cukai, lelang barang gratifikasi, lelang sukarela dan lelang lainya. Dengan semakin variatif jenis lelangnya, semakin variatif juga objek lelang yang dijual.

Mempelajari tentang legalitas obyek lelang, karena setiap objek lelang yang diajukan lelang oleh penjual akan selalu diverifikasi dan divalidasi oleh Pejabat Lelang terkait legalitas formalnya. Jadi obyek lelang yang telah diumumkan lelang sudah pasti clear legalitas formalnya, serta ingin ikut mengawasi pengelolaan keuangan negara bisa dengan ikut lelang KPKNL yang berupa barang milik negara/daerah.

Dimana tempat program Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan?

Kuliah Kerja Lapangan yang dilaksanakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya adalah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang yang beralamat di Jalan Kapten A. Rivai Nomor 4 Gedung Keuangan Negara lantai 1-2 Blok C Palembang, 30129 (sebelah kantor Gubernur).

Bagaimana kesan pertama mahasiswa dalam melakukan Kuliah Kerja Lapangan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palembang?

Kesan pertama dari mahasiswa adalah sangat senang karena bisa diterima Kuliah Kerja Lapangn di KPKNL Palembang serta kami disambut dengan hangat yang dimana semua karyawannya sangat baik dan ramah, kerjasama antar karyawan sangat baik, semua karyawan berkomunikasi baik satu sama lain sehingga tidak terjadi miskomunikasi dan kami pun diberi arahan mengenai peraturan-peraturan yang ada di KPKNL. Mahasiswa juga mendapatkan pengalaman dan kebiasaan baru yang tidak didapat dari masa kuliah. Harapan dari mahasiswa, semoga mahasiswa dapat mengikuti kegiatan dengan baik, terjalinnya hubungan antara mahasiswa dengan pegawai KPKNL, tercapainya tujuan baik dari mahasiswa maupun dari KPKNL.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini