Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Medan > Berita
KPKNL Medan Hadiri Kegiatan Pemusnahan BMN Eks Kepabeanan dan Cukai
Agung Prasetya
Selasa, 30 Agustus 2022   |   114 kali

Kualanamu – KPKNL Medan yang diwakili Kasubbag Umum, beserta tim menghadiri kegiatan pemusnahan BMN Eks Kepabeanan dan Cukai pada KPPBC Kualanamu. Kegiatan pemushanan bertempat di lapangan Equinox KPPBC TMP B Kualanamu, pada hari Selasa, 30 Agustus 2022 dimulai pukul 08.30 WIB s.d. selesai. Kegiatan pemusnahan ini dihadiri oleh perwakilan dari KPPBC TMP B Kualanamu, KPKNL Medan, BPOM Medan, PT Pos MPC Medan Pos, dan PT Monang Sianipar Abadi.

Kegiatan pemusnahan ini merupakan tindak lanjut Surat Persetujuan Pemusnahan dari KPKNL Medan melalui surat nomor S-75/MK.6/KNL.0201/2022 tanggal 8 Agustus 2022. Pemusnahan merupakan salah satu bentuk pengelolaan BMN Eks Kepabeanan dan Cukai yang diatur dalam PMK Nomor 51/PMK.06/2021 tentang pengelolaan BMN yang berasal dari Aset Eks Kepabeanan dan Cukai. Adapun tujuan dari pemusnahan adalah untuk memusnahkan fisik dan/atau kegunaan suatu aset/barang, yang pada akhirnya adalah dilakukan penghapusan dari daftar buku catatan pabean, sehingga KPPBC TMP Kualanamu terbebas dari tanggung jawab fisik dan administrasi.

Dalam sambutannya sebelum acara pemusnahan dimulai, Kepala KPPBC TMP B Kualanamu, Elfi Haris, menyampaikan bahwa pemusnahan ini merupakan tindak lanjut dari surat persetujuan dari KPKNL Medan, dimana dalam IKU (Indikator Kinerja Utama), harus ditindaklanjuti paling lama 15 hari kerja sejak ditetapkan. Oleh karena itu, berkat sinergi dan koordinasi dengan pihak terkait antara lain KPKNL Medan, BPOM Medan, PT Pos MPC Medan dan PT Monang Sianipar Abadi, pada hari ini dapat dilakukan pemusnahan barang-barang tegahan yang secara umum berasal dari impor barang-barang bekas, obat-obatan tanpa ijin, dan barang-barang berkonten pornografi.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemusnahan yang dilakukan dengan berbagai cara yaitu dibakar, dipotong dengan mesin pemotong serta dihancurkan dengan palu, yang dilakukan oleh masing-masing perwakilan KPPBC Kualanamu, KPKNL Medan, BPOM Medan, PT Pos MPC Medan, dan PT Monang Sianipar Abadi.

KPKNL Medan, selaku pengelola barang, menyampaikan apresiasi kepada KPPBC TMP Kualanamu, kegiatan pemusnahan ini (dengan dihadiri pihak-pihak lain) merupakan salah satu bentuk transparansi dalam pengelolaan BMN Eks Kepabeanan dan Cukai. Semoga sinergi yang sudah baik dalam pengelolaan BMN Eks Kepabeanan dan Cukai dapat dipertahankan.

 

(ANH-JJ)
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini