Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Kilas Peristiwa
Karampuang Pesona Bawah Laut di Barat Sulawesi
Mudrika Jaya Rapi
Rabu, 29 April 2020   |   599 kali

Apabila berkunjung ke Provinsi Sulawesi Barat tidak ada salahnya mengunjungi salah satu objek wisata yang tentu saja akan memanjakan para wisatawan dengan keindahan alamnya, yaitu Pulau Karampuang, terletak di Kabupaten Mamuju yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat, Pulau Karampuang sudah sejak lama menjadi icon wisata di wilayah Sulawesi Barat.

Pulau yang terletak di Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat ini memiliki luas wilayah sebesar 6,37 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 2.937 jiwa. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung cukup menaiki perahu kayu yang tersedia di dermaga dekat tempat pelelangan ikan Kasawi, dengan merogoh kocek Rp10.000/orang sehingga pengunjung sudah dapat menikmati perjalanan menuju Pulau Karampuang. Selama perjalanan penumpang akan dimanjakan dengan kejernihan air laut dan keindahan bawah lautnya yang tampak jelas terlihat dari atas perahu.

Sesampainya di Pulau Karampuang wisatawan akan disambut oleh dermaga yang menjorok ke laut. Dermaga dengan panjang sekitar 150 meter tersebut menjadi salah satu tempat favorit para pengunjung untuk mengambil foto. Bagi yang ingin menikmati keindahan bawah laut, pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling yang tersedia di sepanjang pantai dengan harga yang bervariasi tergantung kelengkapan alat yang dibutuhkan penyewa. Keindahan biota laut yang terdiri dari berbagai jenis ikan, terumbu karang, bintang laut dan mahluk hidup bawah laut lainnya merupakan daya tarik tersendiri bagi para penyelam. Para penyelam biasanya membagikan potongan roti guna memancing ikan-ikan disekitar untuk berkumpul.

Selain menyajikan keindahan lautnya, Pulau Karampuang juga memiliki beberapa objek keindahan alam yang dapat dikunjugi oleh para wisatawan seperti Sumur Jodoh yang dipercaya dapat mempermudah mendapatkan jodoh, Goa Lidah, dan masih banyak lagi keindahan alam lainnya. Selain itu, para pengunjung tidak perlu khawatir dengan ketersedian fasilitas seperti toilet, warung makan dan musholla untuk beribadah, bahkan penduduk setempat juga menyediakan jasa penyewaan gazebo bagi pengunjug yang ingin beristirahat.          

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini