Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Wujudkan Tata Kelola BMN Berkualitas dan Sukseskan Evaluasi Kinerja BMN 2024, KPKNL Mamuju Koordinasi dengan BPS Sulbar
Michael Gala Bura
Selasa, 06 Februari 2024   |   42 kali

Mamuju – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Mamuju (KPKNL Mamuju) laksanakan kordinasi dengan Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat (BPS Sulbar), bertempat di Kantor BPS Sulbar pada hari Sabtu (2/2/2024). Koordinasi tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya mewujudkan pengelolaan BMN yang akuntabel dan berkualitas, serta dalam rangka pengumpulan data pendukung pelaksanaan evaluasi kinerja BMN Portofolio Aset.

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan oleh Tim KPKNL Mamuju yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi PKN KPKNL Mamuju Diana Nurita Sari, dengan didampingi oleh Cliff Joshua M Coutrier, dan Eka Putra Bakhtiar A. Bong. Selanjutnya, Tim KPKNL Mamuju tersebut diterima langsung oleh Kepala BPS Sulbar Tina Wahyufitri, dengan didampingi oleh Kepala Bagian Umum BPS Sulbar Markus Uda.

Kordinasi Pengelolaan BMN di BPS Sulbar

Dalam kesempatannya Tina Wahyufitri menyampaikan informasi adanya tanah bangunan BPS yang underutilized. Menyambung hal tersebut Tina Wahyufitri menanyakan prosedur apa yang dapat ditempuh untuk optimalisasi penggunaan maupun pemanfaatan aset tersebut.

Menjawab hal tersebut, Eka Putra Bakhtiar A. Bong atau lebih sering dikenal dengan panggilan Abong, menyampaikan bahwa apabila tidak terdapat rencana penggunaan atau pemanfaatan, terhadap BMN terindikasi Idle atau underutilized, dapat diserahkan ke Pengelola Barang. Lebih lanjut Abong menjelaskan bahwa rencana penggunaan atau pemanfaatan tersebut dapat berupa penggunaan dari BPS sendiri, alih status penggunaan atau penggunaan sementara ke Pengguna Barang lain, atau pinjam pakai ke Pemerintah Daerah. Sementara itu, Diana Nurita Sari menambahkan bahwa dalam rangka optimalisasi BMN juga dapat diajukan pemanfaatan berupa sewa apabila terdapat potensi pemanfaatan sewa dari pihak swasta.

Selanjutnya, Kepala Bagian Umum BPS Sulbar, Markus Uda menyampaikan terdapat tujuh unit kendaraan dinas roda dua yang dalam proses untuk dilakukan penjualan karena sudah tidak dapat digunakan secara optimal. Pihaknya berharap penjualan kendaraan tersebut apat menghasilkan pendapatan Negara bukan pajak (PNBP) yang maksimal.

Pada kesempatan selanjutnya, Cliff Joshua M Coutrier menyampaikan bahwa selain koordinasi mengenai pengelolaan BMN, KPKNL Mamuju juga juga bermaksud untuk meminta data indikator-indikator kesejahteraan dalam rangka pengukuran evaluasi kinerja BMN. Yang mana salah satu indikator evaluasi kinerja BMN yaitu manfaat sosial membutuhkan data-data tersebut. 

Menutup diskusi pengelolaan BMN, pada kesempatan itu juga diserahkan hasil penilaian BMN berupa lapangan tenis kepada Kepala BPS Sulbar.

Pengumpulan data pendukung evaluasi kinerja BMN

Setelah berbincang terkait pengelolaan BMN pada BPS Sulbar, Kepala BPS Sulbar juga turut mengantar langsung perwakilan KPKNL Mamuju ke area Pelayanan Statistik Terpadu BPS Sulbar. Beliau menyampaikan bahwa layanan data yang diberikan oleh BPS Sulbar selain bisa datang langsung ke Area Pelayanan Statistik Terpadu BPS Sulbar, juga terdapat layanan online BPS Sulbar yang bisa diakses melalui Whatsapp untuk mendapatkan layanan kebutuhan data yang diperlukan.

Selanjutnya kepada petugas layanan Ibu Misnawati disampaikan terkait kebutuhan data yang diperlukan. Untuk mengukur indikator manfaat ekonomi dalam pengukuran kinerja aset dibutuhkan data berupa Infant Mortality Rate, Angka Harapan Hidup, Angka Melek Huruf, Indeks Pembangunan Manusia, Rata-Rata Lama Sekolah, Angka Harapan Lama Sekolah, Gini Ratio, dan Unmet Need Pelayanan Kesehatan. Selanjutnya, data yang diberikan disajikan pada tingkat Kabupaten Kota dan Provinsi di Sulawesi Barat.

Sebelum mengakhiri kunjungan di BPS Sulbar, Tim Seksi PKN KPKNL Mamuju juga berkesempatan meninjau langsung aset berupa lapangan tenis yang telah selesai dilakukan penilaian dan diserahkan hasil penilaiannya ke BPS Sulbar. (Cliff Joshua M Coutrier/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini