Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
KPKNL Mamuju Kolaborasi dengan KPPN Mamuju Dampingi Polda Sulbar Susun Laporan Keuangan dan BMN
Ida Kade Sukesa
Jum'at, 06 Oktober 2023   |   67 kali

Mamuju – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mamuju bersama Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mamuju berkolaborasi laksanakan pendampingan penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) untuk periode Triwulan III Tahun Anggaran 2023, yang dilaksanakan di Hotel Cempaka Mamuju selama tiga hari, mulai Rabu (4/10) sampai dengan Jumat (6/10).

Kegiatan penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Wilayah Polda Sulbar tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran Satuan Kerja di bawah Polda Sulbar yang meliputi Pengelola BMN, Pengelola Laporan Keuangan, Bendahara, dan Kepala Urusan Keuangan. Sementara, sebagai pendamping dari KPKNL Mamuju dihadiri oleh Eka Putra Bakhtiar A. Bong dan Tajuddin, dan dari KPPN Mamuju dihadiri oleh Kepala KPPN Mamuju, Ferry Taufik Saleh, yang didampingi oleh Rahmat, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi.

Pada hari pertama, kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Keuangan Polda Sulbar, Kombes Polisi Mulyono. Dalam kesempatannya, Mulyono mengucapkan terimakasih kepada KPKNL Mamuju dan KPPN Mamuju yang telah meluangkan waktu untuk melaksanakan pendampingan penyusunan Laporan Keuangan tersebut. Pihaknya berharap kegiatan ini dapat menghasilkan Laporan Keuangan yang berkualitas dan tepat waktu.

Selanjutnya, Mulyono meminta seluruh peserta yang hadir bekerja dengan penuh tanggung jawab, tidak menunda pekerjaan, dan teliti sehingga tidak terdapat lagi kekurangan kelengkapan data dalam penyusunan laporan tingkat pusat. Mulyono juga mengapresiasi seluruh jajaran yang menangani keuangan atas usaha pengembangan kemampuan personil keuangan antara lain pelatihan Pejabat PPK, PPSPM, dan Sertifikasi Bendahara, yang menurutnya hal ini merupakan wujud dari upaya Polda Sulbar untuk melaksanakan tugas dan fungsi di bidang keuangan dengan baik.

Selanjutnya dalam kesempatan memberikan pemaparan, Eka Putra Bakhtiar A. Bong menyampaikan bahwa penyusunan laporan keuangan yang berkualitas bukan hanya menyamakan angka atau nilai yang tersaji baik di sisi akuntansi barang maupun akuntansi keuangan, tapi juga bagaimana personil yang bertugas untuk mengelola BMN mampu melakukan pengelolaan dan penatausahaan BMN yang benar. Abong mencontohkan, jika secara fisik barang dalam kondisi rusak berat maka tentu diperlukan langkah penatausahaan yang tepat dengan menghentikan penggunaan sehingga BMN tidak tersaji di neraca, lalu kemudian melakukan tindak lanjut dengan proses penjualan, pemusnahan dan/atau penghapusan sehingga laporan keuangan menjadi berkualitas. Selain itu, Abong juga menyampaikan contoh lain yaitu terkadang terdapat pemanfaatan BMN yang sesungguhnya harusnya menghasilkan pendapatan dalam sisi laporan keuangan namun karena kita tidak melakukan pengelolaan yang benar maka PNBP tidak tersaji dalam Laporan Keuangan.

Lebih lanjut, Abong memberikan penjelasan terkait pemanfaatan barang milik Negara. Menurutnya pemanfaatan harus mendapatkan persetujuan Menteri Keuangan, untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan pembayaran sesuai dengan persetujuan yang disetorkan ke kas negara secara akuntabel. Abong juga menyampaikan rencana KPKNL Mamuju untuk melakukan pengukuran tingkat kesesuaian penggunaan BMN dengan Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) di lingkungan Kepolisian RI, yang akan dilaksanakan secara nasional pada tahun 2024. Dalam kesempatannya Abong menyampaikan hal-hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan dalam pelaksanaan pengukuran SBSK tersebut.

Sementara itu, Ferry Taufik Saleh, Kepala KPPN Mamuju dalam paparannya menyampaikan bahwa seluruh komponen penyusunan laporan keuangan memiliki peranan penting, mengingat jika terdapat satu satuan kerja saja yang bekerja tidak dengan profesional maka akan mempengaruhi kualitas Laporan Keuangan yang disajikan secara keseluruhan.

Lebih lanjut, Ferry Taufik Saleh mengutarakan pentingnya personil untuk senantiasa melakukan monitoring pekerjaan melalui MONSAKTI, mengenali penyebab permasalahan, dan segera menyelesaikan tunggakan pekerjaan yang masih dinyatakan belum selesai/bermasalah baik melalui aplikasi atau mempersiapkan penjelasan yang memadai. Selain hal tersebut, Ferry Taufik Saleh juga menjelaskan mengenai alur Rencana Penarikan Dana pada program pembiayaan SBSN dan Rupiah Murni. (IKS/KPKNL Mamuju)


 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Dr. Sam Ratulangi Nomor 4, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat 91511
0426-2328556, 08114121599
0426-2328556
kpknlmamuju@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini