Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Kemenkeu Satu Memberikan Dukungan kepada Produk Kopi dan Kakao Sulawesi Barat melalui Lelang Produk UMKM oleh KPKNL Mamuju
Ida Kade Sukesa
Kamis, 21 September 2023   |   47 kali

Mamasa – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL Mamuju) kembali menyelenggarakan lelang produk-produk UMKM sebagai bentuk dukungan terhadap Produk Kopi dan Kakao di wilayah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Lelang Produk UMKM kali ini diselenggarakan pada Jumat (15/9) bertempat di Desa Wisata Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

Lelang UMKM tersebut dirangkaikan dengan agenda Asset Liability Committee (ALCo) Kemenkeu Sulbar, kegiatan Transaksi Digipay UMKM, Sharing Session Pengelolaan Keuangan Desa, dan Focus Group Disscusion Perekonomian Sulbar.

Kegiatan Kemenkeu ini dihadiri oleh segenap perwakilan dari Kemenkeu Satu Sulbar yaitu Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan beserta jajaran, Kepala KPPN Mamuju beserta jajaran, Kepala KPP Mamuju beserta jajaran, Kepala KPKNL Mamuju beserta jajaran, Kepala KPP Majene beserta jajaran, dan Kepala KPPN Majene beserta jajaran, serta dihadiri juga oleh perwakilan dari KPPBC Tipe Madya Pabean C Pantoloan.

Kegiatan lelang yang dilaksanakan dalam satu hari tersebut dilakukan dalam dua pelaksanaan lelang terpisah. Lelang Pertama dipimpin oleh Piter, Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama KPKNL Mamuju, yaitu terhadap empat lot/paket produk kopi khas Kabupaten Mamasa yang diproduksi oleh Pelaku UMKM Mika Pokiringan Bombong

Sementara itu, pelaksanaan lelang kedua dipimpin oleh Aji Prasetyo, Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama KPKNL Mamuju, yaitu terhadap dua belas lot/paket coklat khas Kabupaten Polewali Mandar yang diproduksi oleh Pelaku UMKM Dheny Frisandy Nur. Pada gelaran lelang tersebut keseluruhan lot/paket yang ditawarkan laku terjual dengan kenaikan harga tertinggi untuk 1 lot mencapai 46%.

Pada kesempatan tersebut, Tjahjo Purnomo, Kepala Kanwil DJPb Prov. Sulbar yang juga merupakan Kepala Perwakilan Kemenkeu Sulbar, menyempaikan dukungannya terhadap lelang produk UMKM tersebut. Menurutnya kegiatan lelang UMKM tersebut dilakukan untuk memperkenalkan produk UMKM asal Sulawesi Barat ke khalayak yang lebih luas.

Selanjutnya dalam kesempatan terpisah, Kepala KPKNL Mamuju yang juga merupakan Wakil Ketua Kelompok Kerja UMKM Kemenkeu Sulbar menyampaikan bahwa komitmen Kemenkeu dalam memberikan dukungan pada pelaku UMKM dilakukan dengan melibatkan dua platform digital  yang dimiliki yaitu Lelang.go.id dan Digipay.

Secara umum Kemenkeu melalui KPKNL Mamuju sepanjang tahun 2023 telah mengadakan kegiatan lelang di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Mamuju, Majene dan Mamasa. (IKS/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Dr. Sam Ratulangi Nomor 4, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat 91511
0426-2328556, 08114121599
0426-2328556
kpknlmamuju@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini