Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional
Mudrika Jaya Rapi
Jum'at, 26 April 2019   |   575 kali


Indonesia menjadi pertemuan empat lempeng tektonik, yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Pulau Sulawesi disebut bagian dari wilayah cincin api yang memiliki potensi terjadinya gempa bumi. Potensi gempa ini berasal dari 40 patahan gempa yang tersebar di berbagai wilayah di Sulawesi. 2 dari 40 patahan tersebut adalah Patahan Palu Koro dan Patahan Saddang adalah. Patahan Palu Koro, kata Made, melintas dari Sulawesi Utara melalui Sulawesi Tengah ke arah Sulawesi Tenggara. Sementara patahan Saddang membentang dari pesisir Pantai Mamuju Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan bagian tengah, sampai Kepulauan Selayar bagian Timur.


Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April, Kementerian Keuangan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi Serentak di Lingkungan Kementerian Keuangan. Menindaklanjuti arahan tersebut seluruh Kantor Kementerian Keuangan yang terletak di Kabupaten Mamuju tepatnya di Gedung Keuangan Negara (GKN) Mamuju melaksanakan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa, bekerja sama dengan BNPB Provinsi Sulawesi Barat acara tersebut dilaksanakan pada Jumat pagi 26 April 2019. Simulasi yang bertujuan mengenalkan tata cara dan sikap atau tindakan yang harus diambil ketika bencana gempa terjadi.


Sebelum simulasi dimulai seluruh pegawai di Lingkungan GKN Mamuju terlebih dahulu diberikan arahan dan petunjuk oleh panitia. Tidak terkecuali Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mamuju, Seluruh pegawai KPKNL Mamuju yang terletak di lantai 4 GKN Mamuju mengikuti simulasi, di pimpin oleh salah satu pegawai KPKNL Mamuju yaitu Adikusuma Kahar sebagai Captain Floor seluruh pegawai KPKNL Mamuju diminta mengikuti arahan yang telah diberikannya. Berbunyinya sirine pada pukul 08.00 WITA menjadi tanda bahwa acara simulasi telah dimulai, para pegawai diminta untuk mengikuti arahan yang telah diberikan sebelumnya dan berjalan keluar menuju titik kumpul atau lokasi aman evakuasi. Dalam simulasi tersebut pegawai tetap diminta tenang dan dapat menerapkan hal-hal yang telah disampaikan sebelumnya.


Tidak hanya simulasi terhadap bencana alam seperti gempa, terdapat pula simulasi saat terjadi kebaran. Sebelum acara selesai panitia yang berasal dari BNPB Provinsi Sulawesi Barat memberikan evaluasi terhadap pelaksanaan yang berlangsung mengingat pentingnya hal tersebut, terlebih letak GKN Mamuju yang berada di zona rawan bencana gempa bumi. (BBP)


 


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini