Berada di zona nyaman memang mudah dan menyenangkan, terlebih lagi saat kita bekerja. Seseorang merasa aman menjalani hari-hari yang kurang berisiko, tanpa adanya kekhawatiran. Kondisi seperti ini terasa begitu familiar, sehingga terkadang kita lupa melakukan sesuatu dan hanya berdiam diri seakan-akan tidak terjadi sesuatu selama bertahun-tahun.
Umumnya orang takut keluar dari zona nyaman. Jangankan keluar, membayangkan saja enggan karena dianggap di luar zona nyaman memiliki banyak risiko, tekanan, dan membutuhkan adaptasi dengan tempat sebelumnya sehingga timbul rasa takut, cemas dan kekhawtiran yang berlebihan. Sehingga tidak sedikit orang yang mengalami penurunan kinerja bahkan mengalami stres saat dipindahtugaskan/mutasi ke tempat yang baru.
Sebenarnya keluar dari zona nyaman membuat kita lebih dapat mengenali diri kita, baik kekuatan, kecerdasan maupun kelemahan yang kita miliki dalam meyelesaikan suatu masalah sehingga kita memiliki pengalaman baru. Selain itu kita juga dapat mengenal banyak orang dan mengetahui bagaimana menghadapi orang di daerah tempat kita berada.
Untuk menghindari rasa takut dan kekhawatiran yang berlebihan saat mutasi keluar dari zona nyaman, kita harus cepat beradaptasi di tempat kerja yang baru. Ada beberapa tips adaptasi diluar zona nyaman yang dapat penulis bagikan, antara lain:
1.
Niat
Hidup adalah pilihan,
pilihan pengabdian dan berharap dimanapun adalah tempat terbaik, tinggal
kuatkan niat karena niatlah yang akan membantu kita menghadapi konsekuensi dan
risiko yang muncul di masa depan. Niatkan bahwa bekerja itu ibadah maka, bekerja artinya
melaksakan kewajiban, terlebih lagi jika dilaksanakan dengan ikhlas. Percayalah kita akan
baik-baik saja. Awalnya mungkin akan merasa sangat tidak nyaman, namun cobalah
tetap lakukan. Jangan berhenti, percayalah, rasa tidak nyaman ini akan
berangsur-angsur hilang.
2.
Percaya Diri
Percaya diri adalah
modal utama yang harus dimiliki oleh sesorang dalam melakukan suatu hal. Ketika percaya diri
itu ada, maka apapun aktivitas yang dilakukan akan selalu berjalan dengan
lancar, sehingga kita mudah melakukan adaptasi di tempat yang baru.
3.
Memperbanyak teman
Saat berada di tempat
kerja yang baru, secepatnya menemukan teman yang bisa menghilangkan rasa sepi,
terlebih lagi jika kita jauh dari keluarga. Namun harus berhati-hati dalam
memilih teman. Teman yang baik adalah teman yang bisa berbagi dalam suka maupun
duka. Dengan memiliki teman yang baik maka kita bisa ikut merasakan energi
positif, semangat, dan belajar dari kemampuan mereka.
4.
Fokus dan mencintai pekerjaan kita
Dalam bekerja sangat
diperlukan konsentrasi penuh karena dengan konsentrasi kita bisa fokus menyelesaikan
pekerjaan dengan baik. Terlebih lagi jika pekerjaan tersebut merupakan
pekerjaan baru buat kita. Yakinlah tidak ada pekerjaan yang berat dan susah
asal kita punya keinginan untuk belajar dan berusaha untuk menyelesaikan
pekerjaan tersebut.
5.
Bersyukur dan tidak membandingkan dengan yang lain
Bersyukur akan membuat
kita merasa tenang dalam menjalani hidup. Dengan bersyukur kita dapat menerima
apapun jenis pekerjaan dan dimanapun kita ditempatkan. Karena dari awal
komitmen kita sebagai ASN, khususnya Kementerian Keuangan, siap ditempatkan
dimana saja. Permasalahan akan timbul setelah kita membandingkan dengan rekan
kerja kita. Yakinlah penempatan yang telah ditetapkan itulah yang terbaik buat
kita, jadi kita wajib untuk mensyukurinya.
6.
Bekerjasama dengan rekan kerja yang baru
Kita dituntut
bekerjasama dengan rekan kerja yang baru dan belum kita kenal, agar tercipta
hubungan baik sehingga semangat kerja tetap terjaga dan tidak mengganggu produktivita.
Namun hal ini sulit karena beda orang pasti beda pula pemikirannya. Untuk itu
dibutuhkan saling pengertian, saling menghormati, dan butuh pemahaman satu
dengan lainnya. Kita juga harus selalu ikut berkontribusi dalan setiap kegiatan
di kantor baik yang formal maupun informal agar dapat meningkatkan kebersamaan,
keakraban,dan sinergi.
7.
Berani mengakui kesalahan dan jangan sering mengucapkan kata
maaf
Dalam suatu hubungan
kerja, terkadang terjadi salah paham ataupun perselisihan karena adanya
perbedaan pendapat antara rekan yang satu dengan yang lain. Perbedaan pendapat adalah
hal yang wajar, asal jangan sampai
terjadi permusuhan, karena jika hal tersebut terjadi akan membuat kondisi
kantor kurang nyaman.Sebagaimana kita ketahui aktivitas kita dalam sehari lebih
banyak di kantor dibandingkan di rumah.
Selain itu kesalahan
juga sering terjadi, namun jangan malu atau enggan mengakui kesalahan meskipun
kita memiliki posisi jabatan tertinggi ditempat kerja. Mengakui kesalahan bukan
berarti menjatuhkan wibawa namun membuat bawahan kita malah semakin bangga
kepada kita. Tapi jangan sering-sering mengucapkan kata maaf, karena maaf itu
hanya diucapakn jika kita telah melakukan kesalahan
8.
Mengenal dan memahami kearifan lokal tempat kita bekerja
Kearifan lokal seperti bahasa
dan kebiasaan masyarakat setempat sangat berpengaruh dalam pelaksanaan tugas.
Kearifan lokal membuat kita lebih dekat sehingga dapat berkomunikasi dengan
rekan kerja dan stakeholder,
komunikasi yang baik menjadi kunci sukses melaksankan tugas.
9.
Komunikasi dengan keluarga harus tetap terjaga
Komunikasi dengan
keluarga harus dijaga secara terus menerus, terlebih lagi jika kita dan
keluarga terpisahkan oleh jarak. Support
keluarga sangat penting dalam mendukung kita untuk melakukan aktivitas apapun,
terlebih lagi saat kita bekerja. Keluarga sehat, bahagia, selalu mendoakan dan
mendukung kita adalah modal utama dalam meraih kesuksesan.
10. Selalu berfikir
positif
Berfikir positif dapat
menimbulkan energi positif dalam tubuh kita sehingga membuat kita merasa
tenang, bahagia dan bersemangat untuk bekerja dengan baik. Jika ditubuh kita
telah mengalir energi positif tidak akan lagi rasa iri terhadap rekan kerja,
sehingga kita dapat mejalin hubungan kerja yang baik di kantor.
11. Melakukan kegiatan
yang bermanfaat di luar jam kerja
Setelah pulang kerja
atau dihari libur, sebaiknya kita tidak berdiam diri saja, namun harus mengisi
kegiatan yang bermanfaat seperti mengikuti pengajian, berolah raga, jalan-jalan
atau masuk dalam komunitas yang sesuai dengan hobby kita, sehingga kita merasa
senang dan mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut.
Demikian sebelas tips
yang dapat penulis bagikan, semoga dapat membantu kita untuk beradaptasi di tempat
kerja yang baru dan dapat meraih kesuksesan.
Penulis : Mudrika Jaya Rapi