Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Madiun > Berita
Upacara Hari Pahlawan 10 November 2023 : Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa
Arlianti Vita
Jum'at, 10 November 2023   |   1263 kali

Upacara bendera menjadi salah satu rangkaian utama dalam peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023. Tema Hari Pahlawan Nasional 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". Kantor Pelayanan Kekayaan Negata dan Lelang (KPKNL) Madiun menyelenggarakan Upacara Bendera pada Jum’at (10/11/2023) bertempat di Aula KPKNL Madiun. Kepala KPKNL Madiun, Fendy Purwanto sebagai Inspektur Upacara,

Pada kesempatan tersebut, Fendy Purwanto membacakan amanat Menteri Keuangan RI Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023, yang antara lain menyampaikan bahwa hari ini merupakan sebuah momen yang tidak hanya mengingatkan kita pada keberanian para pahlawan dalam merebut kemerdekaan negara ini, tetapi juga mengingatkan pada sejarah perjuangan para pahlawan kita dan merupakan sebuah momen yang membangkitkan semangat patriotisme dan penghormatan para pahlawan yang telah berkorban dan berjuang demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia.

Lebih lanjut lagi disampaikan dalam amanat Menteri Keuangan RI, hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Dahulu para pahlawan kita berjuang untuk merdeka dari penjajahan, sekarang saatnya menjadikan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi berjuang untuk merdeka dari kemiskinan dan kebodohan. Semangat pahlawan adalah semangat keberanian, perjuangan, dan cinta tanah air. Ini adalah semangat yang harus kita tanamkan dalam setiap langkah yang kita ambil untuk mengentaskan kemiskinan serta memerangi kebodohan dengan memperluas edukasi masyarakat dan memastikan kesetaraan akses bagi segenap rakyat Indonesia. Kementerian Keuangan sebagai pengelola keuangan negara harus mampu untuk mengalokasikan sumber daya yang tepat, merancang kebijakan yang bijak, dan memastikan distribusi yang adil untuk memerangi ketidaksetaraan. Keuangan negara dan APBN harus dijaga, agar kita dapat menjaga bangsa, negara, dan perekonomian.

Terakhir disampaikan dalam amanat Menteri Keuangan RI, dengan semangat pahlawan, mari  bersama-sama merajut masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia. Marilah kita berkomitmen untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan dengan memastikan bahwa kemerdekaan yang mereka perjuangkan juga mencakup kemerdekaan dari kemiskinan dan kebodohan. Kita semua bisa dan mampu menjadi pahlawan untuk Indonesia saat ini atau di masa depan. Ingat pesan Bung Tomo “selama rakyat Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, maka selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga”.

Marilah jadikan Hari Pahlawan sebagai pengingat untuk terus mengobarkan semangat juang mewujudkan Indonesia maju. Seperti yang dikatakan Bung Tomo “Selama rakyat Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, maka selama itu tidak akan kita akan mau menyerah kepada siapapun juga”. Upacara ditutup dengan pembacaan doa dari petugas upacara.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini