Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Madiun > Berita
Service Excellence : Tingkatkan Kepuasan Pengguna Layanan
Arlianti Vita
Selasa, 27 Juni 2023   |   76 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Madiun mengadakan kegiatan sharing knowledge  dengan materi Service Excellence Pegawai ASN dalam rangka implementasi  nilai - nilai Kementerian Keuangan pada pegawai KPKNL Madiun pada Selasa 27 Juni 2023.  Acara bertempat di Aula KPKNL Madiun, pada Pukul 13.00 WIB yang  dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Madiun.  Narasumber pada kegiatan tersebut, Arlianti Vita selaku Kepala Seksi Hukum dan Informasi.

Dalam kesempatan tersebut, Arlianti Vita memaparkan empat pokok pembahasan yaitu customer experience, komunikasi yang baik,  standar pelayanan serta cara penanganan keluhan. Secara detail disampaikan bahwa Customer experience dapat mempengaruhi citra kantor/instansi di mata pengguna layanan/stake holder dan Service/Pelayanan yang buruk dapat merusak customer experience. Untuk itu perlu komunikasi yang baik antara kantor/unit instansi dan pengguna layanan/tamu, sehingga membantu kebutuhan dan keinginan pengguna layanan/tamu serta memberikan solusi yang, tepat untuk masalah yang dihadapi oleh pengguna layanan /tamu.

 

Komunikasi verbal dalam bentuk 3V (Visual, Vokal, Verbal) merupakan suatu  komunikasi yang menggabungkan  tiga elemen tersebut untuk memperbaiki kualitas komunikasi seseorang  berkaitan dengan penggunaan bahasa tubuh dan ekspresi wajah saat berbicara, penggunaan intonasi, nada  dan tempo, serta menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh lawan bicara.

 

Pegawai harus memiliki keterampilan untuk melakukan tugas- tugas dengan rapi, teratur, dan sistematis, harus dapat melakukan tugas-tugas  dengan cepat dan efisien tanpa mengurangi kualitas. Selanjutnya Sopan: semua pegawai harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan sopan, baik secara lisan maupun tulisan. terakhir, Penampilan: harus memiliki penampilan yang rapi dan teratur, termasuk dalam hal pakaian dan gaya rambut, serta harus menjaga kebersihan diri, termasuk dalam hal kebersihan tangan, kuku, dan rambut.

Hal yang harus  diperhatikan dalam standar layanan, yaitu perhatian, setiap pelanggan yang datang harus diperlakukan dengan perhatian dan penuh respek. Kemudian menghindari sikap interupsi: sikap yang tidak ramah dan tidak sopan dalam melayani pelanggan.

Tahap terakhir Service Excellence Pegawai ASN yaitu Penanganan Keluhan merupakan cara/mekanisme dalam menangani keluhan  pengguna layanan/tamu tamu dengan baik. Ketika pengguna layanan/tamu mengalami masalah atau kekecewaan, unit  organisasi/kantor harus dapat memberikan solusi yang cepat dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut sehingga pengguna layanan merasa dan puas.

 

Kepala KPKNL Madiun, Fendy Purwanto menyampaikan bahwa  standar pelayanan/Service Excellence antara Swasta dan Pemerintah banyak yang sama. " Hal-hal yang telah disampaikan oleh Narasumber agar diterapkan pegawai yang bertugas memberikan pelayanan di KPKNL Madiun" pesannya.

Menutup kegiatan tersebut, Fendy Purwanto juga menyampaikan bahwa menghadapi libur panjang, meskipun Status pandemi covid-19 sudah dicabut oleh Pemerintah menjadi endemi, diharapkan semua pegawai tetap menerapkan prokes.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini