Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Madiun > Berita
DJKN Goes To School SMP Negeri 1 Madiun: Mengenalkan Tusi DJKN sebagai Pengelola Aset Negara kepada Generasi Z
Arlianti Vita
Kamis, 08 Desember 2022   |   196 kali

Rabu, 7 Desember 2022, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Madiun berkolaborasi dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Madiun menggelar kegiatan DJKN Goes To School, dengan  mengusung tema  “Mari Mengenal DJKN sebagai pengelola aset Negara kita”.

KPKNL Madiun sebagai unit vertikal  Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengedukasi  dan mengenalkan Tugas dan Fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara cq KPKNL Madiun kepada generasi Z (milenial) , bagaimana peran DJKN dalam mengelola aset/kekayaan negara, penilaian, pengurusan piutang negara dan pelayanan lelang .

Kepala KPKNL Madiun, Fendy Purwanto sebagai Keynote Speaker menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMP Negeri 1 Madiun atas terselenggarakannya acara DJKN Goes To School, berharap kepada semua siswa agar mengikuti acara dengan baik sehingga apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan acara  dapat terwujud dan wawasan baru tentang Kekayaan Negara dapat diperoleh. 

Selanjutnya Kepala SMP Negeri 1 Madiun Sujitno, S.Pd., M.MPd.  dalam sambutannya  meminta siswa untuk menyimak  “Anak-anak, ikuti kegiatan ini dengan baik, tunjukkan bahwa kalian adalah anak-anak yang cerdas, berkharakter, berprestasi dan tetap menjaga sopan santun. Kita harus bangga, kegiatan seperti ini biasanya diselenggarakan DJKN/KPKNL Madiun di kampus atau minimal SLTA, dan baru kali ini diselenggarakan di tingkat SMP, “uangkapnya yang langsung disambut riuh tepuk tangan yang gemuruh dari peserta.

Kegiatan DJKN Goes To School di SMP Negeri 1 Madiun dihadiri  kurang lebih 550 siswa/siswi SMP Negeri 1 Madiun Kelas 8 dan Kelas 9.  Dalam paparannya, Kepala KPKNL Madiun, Fendy Purwanto menyampaikan, “Ada 4 Unit Eselon I di Kementerian Keuangan yang mempunyai Kantor Vertikal di daerah, salah satunya adalah  Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, “jelasnya. “DJKN merupakan unit Eselon I di Kementerian Keuangan yang tugasnya antara lain mengelola kekayaan negara, pengurusan piutang negara, penilaian terhadap aset dan melaksanakan lelang, ” pungkas Fendy. Disela-sela paparannya, Fendy Purwanto mengajak berdialog dan tanya jawab dengan siswa-siswi peserta DJKN Goes To School tersebut, dengan memberikan doorprize kepada peserta yang dapat menjawab dengan benar.

Pemaparan materi penilaian, oleh Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah Ahli Muda, Dyah Anggraeni, para siswa mendapatkan edukasi dan simulasi cara melakukan penilaian. Selanjutnya materi lelang  yang dipandu oleh Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama Irawan Ciputra  yang menjelaskan mengenai tata cara lelang, dilengkapi dengan simulasi  sebagai edukasi lelang pada siswa. Kegiatan simulasi lelang berjalan sangat meriah,  siswa/siswi SMP Negeri 1 Madiun sangat antusias mengajukan penawaran objek lelang. Demi mendapatkan barang idamannya para siswa mengumpulkan uang saku masing-masing sehingga terkumpul sejumlah harga barang yang ditawarkan. Setelah barang-barang dimenangkan oleh penawar tertinggi, KPKNL Madiun mengumumkan bahwa pada simulasi lelang tersebut,  harga pokok dan bea lelang ditanggung oleh KPKNL Madiun. Pengumuman tersebut sontak membuat riuh tepuk tangan semua peserta. Kegiatan DJKN Goes To School ditutup dengan acara foto bersama.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini