Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Madiun > Berita
Sumadi dan Kopi Kare di Kedai Lelang
Fitria Ayuningtyas
Selasa, 24 Mei 2022   |   757 kali

Madiun, 24 Mei 2022- Bermula di tahun 2018, Sumadi, seorang petani kopi dari Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun ingin mengembangkan usaha kopi dari hasil kebunnya. Kopi yang dihasilkan di Desa Kare ini ada tiga varietas, yakni Arabica, Robusta, dan Robusta Lanang. Merintis sendiri kebun kopinya, ternyata usaha kecil-kecilan menanam dan mengolah kopi tersebut diikuti oleh beberapa tetangganya. Bersama dengan para tetangga tersebut, Sumadi membentuk kelompok tani yang bernama Mugi Lestari.

Proses pengolahan kopi yang panjang dilakukan secara mandiri oleh Sumadi. Dimulai dengan memanen dan menyeleksi sendiri kopi dari hasil kebunnya, hingga mengolahnya menjadi biji kopi yang siap di konsumsi. Hasil produksi dari Kelompok Tani ini ada beberapa bentuk, antara lain kopi bubuk, biji kopi sangrai (roasted bean), kopi lanang dan biji kopi kering (green bean). Masing-masing bentuk tersedia dalam varietas Arabica dan Robusta. Kopi hasil olahan Kelompok Tani ini, bernaung di bawah merk Kopi Kare.

Selama ini, sebagai UMKM, produk dari Kopi Kare dipasarkan di sekitar Kare, serta beberapa toko oleh-oleh di kawasan Madiun. Pemasaran produk ini terbatas sehingga mempengaruhi volume penjualan dan besarnya keuntungan yang di dapat. Hingga di tahun 2022, Sumadi berkenalan dengan dunia lelang.

Sumadi menjual produk kopinya dalam kegiatan gebyar lelang UMKM yang diselenggarakan oleh KPKNL Madiun pada bulan Maret 2022 lalu. Sumadi tidak menyangka, 30 pack produk Kopi aneka ukuran yang ditawarkan pada lelang UMKM tersebut, ludes terjual. Animo peserta lelang sangat tinggi. Harga yang miring, kemasan yang menarik dalam beragam ukuran, dan rasa penasaran akan cita rasa kopi tersebut membuat produk Kopi Kare laku terjual dalam lelang UMKM tersebut. Di akhir perjumpaan lelang UMKM, Sumadi menyatakan rasa suka citanya dan bersemangat untuk mengikuti lelang berikutnya.

Pada tanggal 23 Mei 2022 kemarin, perwakilan dari KPKNL Madiun, mengunjungi rumah milik Sumadi di Desa Kare. Ternyata Sumadi dan kelompok tani Mugi Lestari telah membangun sebuah Coffee Shop di Desa Kare tersebut. Dengan menjual pemandangan lereng gunung Wilis yang indah, udaranya yang sejuk serta lokasi Coffee Shop yang dekat dengan tempat wisata Air Terjun Tambak Lare serta Kedung Ketuban memberikan nilai lebih kepada Coffee Shop ini.

Pada kunjungan KPKNL Madiun kali ini, Pejabat Lelang Muda Fl. Danik Sivianingsih menyampaikan tawaran kepada Kopi Kare untuk mengikuti program Kedai Lelang yang akan diselenggarakan di KPKNL Madiun di awal Juni ini. Tawaran tersebut disambut baik oleh Sumadi, selaku ketua kelompok tani Mugi Lestari pemilik produk Kopi Kare. Sumadi menyampaikan rasa antusiasnya untuk mengikuti kegiatan Kedai Lelang dan mengharapkan animo pecinta kopi hadir kembali di kegiatan tersebut.

Tentunya menjadi harapan kita bersama bahwa dalam kegiatan Kedai Lelang KPKNL Madiun mendatang, produk Kopi Kare sebagai andalan dari KPKNL Madiun laris terjual. Nantinya, kegiatan kedai lelang ini diharapkan kembali memberikan kesan serta asa yang indah bagi pelaku UMKM seperti Sumadi dan kawan-kawan. (Tim HI KPKNL Madiun)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini