KPKNL Madiun
Berita DJKN

Dari Kita Untuk Mereka Yang Spesial dari Surga

Kamis, 23 Mei 2019   |   180 kali

Kamis, 23 Mei 2019 Kepala KPKNL Madiun, Adi Wibowo didampingi Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Aris Wibowo, Kepala Seksi Kepatuhan Internal Bambang Sugiyanto, Kepala Seksi Piutang Negara Erni Ika Nurhayati dan pelaksana pada KPKNL Madiun, dalam rangka melaksanakan kegiatan bakti sosial ke Panti Asuhan Bananul Amanah di Bulan Ramadhan Tahun 2019/1440 H.


Adi Wibowo, menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kedatangan ini adalah untuk berbagi perhatian dan kebahagiaan dari KPKNL Madiun, khususnya di Bulan Ramadhan ini, untuk Saudara-saudara kita di Yayasan Bananu Amanah yang berkebutuhan khusus, agar kita semua selalu bersyukur atas anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa dan selalu bermanfaat untuk orang lain.

 

Panti Asuhan berlokasi di Jalan Banjarsari Wetan, Dagangan, Kabupaten Madiun ini khusus diperuntukkan bagi anak-anak difabel dan berkebutuhan khusus. Kegiatan Panti Asuhan dilakukan 4 (empat) lokasi/bangunan terdiri dari 1 (satu) bangunan Sekolah Luar Biasa (SLB) Banjarsari Wetan, 1 (satu) bangunan Unit Ekonomi Produktif (UEP), merupakan sebuah rumah produksi yang menjadi wadah bagi peserta didiknya untuk mengembangkan bakat dan kemampuan keterampilan yang dimilikinya atas bimbingan dan binaan guru sekolah, 2 (dua) bangunan untuk asrama sebagai tempat tinggal anak anak istirahat dan bersosialisasi.

 

Keseluruhan bangunan dibangun diatas merupakan tanah milik Yayasan Bananul Amanah, yang digunakan untuk mendidik sekitar 82 (delapan puluh dua) anak berkebutuhan khusus dengan 5 (lima) ketunaan yang ditampung di Panti Asuhan tersebut, yaitu Tuna Rungu, Tuna Netra, Tuna Daksa, Tuna Grahita dan Autisme. 52 (lima puluh dua) anak tinggal di asrama dengan berbagai macam latar belakang dan 30 (tiga puluh) anak masih tinggal bersama keluarganya.

 

Khusus untuk UEP atau Rumah produksi SLB Negeri Banjarsari Wetan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun menghasilkan 5 (lima) produk unggulan meliputi produk menjahit (tata busana), batik, boga (sambel pecel, bawang goreng, kerupuk lempeng beras, olahan jajanan dan jus), kriya kayu dan kerajinan tangan (bandana, bros, alas piring, boneka, tempat tisu, taplak meja, dll). Hasil dari rumah produksi dipasarkan melalui koperasi sekolah, pameran dan media sosial. Banyak konsumen yang menyukai hasil produksi kami karena kualitas yang bagus dan harga jual di bawah harga pasar.

 

Kepala Sekolah Luar Biasa, Handik Indarwati, memperkenalkan kepada rombongan KPKNL Madiun beberapa anak-anak spesial dengan latar belakangnya masing masing. Kehadiran mereka, anak anak berkebutuhan khusus itu, adalah anugerah dan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, sebagai bahan renungan untuk berbuat sesuatu yang positif, bahwa masih ada Saudara kita yang perlu mendapat perlakuan dan perhatian yang sama dalam segala hal, agar mereka bisa berkembang menjadi manusia dewasa yang mandiri dan berguna bagi masyarakat jika diberikan program intervensi dini kepada mereka.

 

Syukuri apa yang ada…

Hidup adalah anugerah…

Tetap jalani hidup ini…

Melakukan yang terbaik…

(“Jangan Menyerah” – D’Masiv)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Serayu Timur No. 141 Madiun - 63313
(0351) 468603
(0351) 468604
kpknlmadiun@kemenkeu.go.id