Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Madiun > Artikel
Menyeimbangankan Peran Ganda Perempuan antara Keluarga dan Tempat Bekerja
Arlianti Vita
Kamis, 22 Desember 2022   |   5579 kali

Bertepatan dengan hari ibu pada 22 Desember 2022 ini, tentunya banyak sekali kaum perempuan yang menerima ucapan Selamat Hari Ibu…atau Happy Mother’s Day” baik dari keluarganya ataupun rekan-rekannya. Sebagaimana kita ketahui, di zaman modern ini banyak wanita yang memutuskan untuk meniti karir sekaligus mengurus rumah tangga.

Menjadi seorang ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang mulia bagi seorang wanita, akan tetapi wanita yang bekerja turut membantu perekonomian keluarga, juga salah satu wujud perempuan hebat. Perempuan harus mengerahkan tenaga ekstra agar tidak kehilangan peran sebagai ibu di rumah, sekaligus menjaga profesionalisme di kantor. Motivasi bekerja bagi seorang perempuan Indonesia bukanlah hanya sekedar menguji waktu senggang dan atau melanjutkan karir, akan tetapi sungguh-sungguh meningkatkan pendapatan keluarga.

Agar keduanya dapat berjalan seimbang, maka perlu kiranya para perempuan memperhatikan beberapa tips agar peran ganda tersebut dapat berjalan lancar, baik dalam menjalankan perannya sebagai ibu yang mengurus rumah tangga maupun sebagai wanita yang bekerja. Yuk kita intip beberapa tipsnya:

1.   Ingat Keluarga

Tujuan bekerja untuk keluarga, sebelum bekerja perlu dipikirkan menu apa yang akan dimasak dan membereskan pekerjaan rumah. Apapun alasan bekerja, pastikan keluarga tetap menjadi prioritas karena itulah yang sebenarnya menjadi tanggung jawab sebagai wanita.

2.   Efektifkan Waktu di Pagi Hari

Wanita karir sekaligus ibu rumah tangga harus mengefektifkan waktu setiap pagi. Kegiatan pagi bisa diisi dengan menyiapkan pakaian seragam anak sekolah, sarapan, bekal dan mengecek jadwal sekolah anak. Dengan cara ini, keluarga akan tetap merasa diperhatikan. 

 

3.   Membagi Waktu dan Menggunakan Secara Bijak

Harus pandai-pandai mengatur waktu, walau menjalani banyak rutinitas, harus dapat membagi mana waktu bekerja, mengurus rumah, mengurus anak, dan istirahat. Ibu rumah tangga yang bekerja harus membuat prioritas dalam hidup dan cekatan. Gunakanlah waktu sebaik-baiknya, baik saat bersama keluarga maupun saat berada di kantor.

4.   Bekerjasama dengan Anggota Keluarga

Untuk meringankan pekerjaan, bisa berdiskusi dengan keluarga tentang pembagian tugas masing-masing. Jika anak sudah besar, mereka bisa mencuci pakaian mereka sendiri atau saling membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

5.   Fisik

Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mudah? Pekerjaan tersebut sama melelahkannya dengan pekerjaan lain. Kalau menjadi ibu rumah tangga saja sudah menguras tenaga, maka ibu rumah tangga yang juga bekerja  harus menyiapkan fisik dan stamina yang kuat.

6.         Cukupi Kebutuhan Tidur

Tidur cukup sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, membuat pikiran lebih jernih, memperbaiki mood, dan memberikan energi yang dibutuhkan saat bekerja. Sesibuk apa pun, jangan sampai tidak mengistirahatkan tubuh di malam hari. Pastikan tidur berkualitas dan usahakan tidur atau bangun di jam yang sama tiap harinya. Dengan begitu, tubuh akan terbiasa menjalaninya.

7.    Jauhi perasaan bersalah

Tak sedikit ibu bekerja yang merasa bersalah karena harus menghabiskan waktu di kantor. Daripada menyimpan perasaan negatif, mari lihat sisi positif : meski waktu untuk keluarga lebih sedikit, tetapi nafkah yang dicari lewat pekerjaan bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

8.         Sempatkan Waktu Berkomunikasi Dengan Keluarga

Dengan kemajuan teknologi, kini bisa menyempatkan diri melakukan video call dengan anak-anak, meski sedang berada di kantor. Cobalah lakukan hal ini di waktu senggang atau saat sedang beristirahat. Hal ini bisa membuat semangat kembali untuk bekerja.

9.       Semangat dalam Menjalankan Aktivitas 

Agar pekerjaan di kantor dan di rumah bisa diselesaikan dengan cepat, lakukan setiap aktivitas dengan penuh semangat, agar semakin termotivasi untuk bekerja dengan baik. 

10.    Percaya Diri

Wanita yang penuh rasa percaya diri biasanya orang yang punya pikiran positif pada berbagai hal. Sikap positif yang terpancar ini biasanya mendapatkan respon positif dari relasi kerja sehingga pekerjaan berjalan lancar. Terselesainya pekerjaan di kantor, tidak lagi membawa beban saat di rumah.

11.    Terus Belajar, Kembangkan Diri

Tekun belajar dan terus belajar, serta fokus pada hasil merupakan ciri seseorang dengan passion yang tinggi. Dengan kemampuan yang baik terhadap pekerjaan, maka tidak akan kesulitan menyelesaikan pekerjaan, sehingga masih ada ruang untuk memikirkan keluarga.

12.    Menguasai Bidang Pekerjaan

Dalami dan fokus pada pekerjaan yang sedang dihadapi, hingga menguasai bidang tersebut. Bisa menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik, akan membawa mood yang baik saat mengurus keluarga.

13.    Bangunlah Citra yang Baik dan Harmonis di Mata Banyak Orang

Hubungan harmonis saat bekerja dalam tim harus diperhatikan, dengan demikian suasana kerja kondusif akan mendukung produktivitas. Kantor keluarga kita kedua, oleh karena itu hubungan harmonis sangat diperlukan agar semua berjalan dengan baik.

14.  Tetap Menjaga Kesehatan

Kesehatan sangat penting untuk menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga yang aktivitasnya banyak. Jagalah kesehatan pikiran dan fisik, jangan sampai lupa pada kemampuan tubuh. Olahraga untuk mengurangi stress dan menambah energi.

15.    Kendalikan Pikiran & Emosi serta Menjaga Pola Hidup Sehat

Wanita bekerja sekaligus ibu rumah tangga tentu memiliki tenaga ekstra dan stamina yang kuat saat menjalani dua peran sekaligus. Bukan hanya itu, mengontrol emosi juga sangatlah penting. Memiliki beban yang banyak membuat wanita menjadi cenderung sensitif. Jika menemui masalah, lebih baik   berpikiran tenang.

16.    Membuat Jadwal Keluarga

Tips terakhir agar sukses menjalan peran sebagai istri sekaligus bekerja di kantor yaitu membuat jadwal keluarga secara mingguan. Manfaatkan kalender besar dan mencatat semua kegiatan keluarga. Misalnya, nonton bioskop, jalan-jalan, makan bersama ulang tahun, dan kegiatan bersama keluarga lainnya.

 

Itulah beberpa tips menjadi wanita bekerja sekaligus ibu rumah tangga yang dapat dicoba dipraktekkan agar peran ganda dapat berjalan lancar. Dari beberapa pengalaman, ada beberapa keuntungan bagi perempuan yang bekerja sambil mengurus keluarga, misalnya yaitu:

a.  Seiring pertumbuhan anak, ia akan menjadi lebih mandiri karena melihat kedua orang tuanya bekerja.

b. Waktu dengan buah hati lebih berkualitas. Dengan kesibukan bekerja, seorang ibu akan lebih menghargai waktu dengan anak

c.  Anak lebih pandai bersosialisasi. Waktu yang dihabiskan anak sendiri akan membuatnya lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain selain orang rumah.

d. Kemampuan komunikasi yang baik. Dengan bekerja, perempuan akan terbiasa berkomunikasi dengan orang lain dan hal ini bermanfaat.

e. Mengikuti pesan Nabi Muhammad. Wanita dalam Islam diperbolehkan bekerja asal bisa menyeimbangkan kehidupan rumah tangga dan kantor. Hal ini sesuai hadist yang artinya: “Sesungguhnya Allah SWT mencintai orang yang melakukan satu pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan profesional (al-itqan).” (HR al Baihaqi, Abu Ya’la, Ibn Asakir)

 

Selamat Hari Ibu, 22 Desember 2022

Sumber:

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/01/29/103000/menjadi-ibu-rumah-tangga-sekaligus-wanita-karier-pertimbangkan-5-hal-ini

https://www.alodokter.com/tips-buat-ibu-pekerja-agar-bahagia-di-rumah-dan-kantor

https://www.ruangmom.com/tips-menjadi-wanita-karir.html

https://blog.amartha.com/intip-tips-menjadi-wanita-karir-sekaligus-ibu-rumah-tangga/

https://www.siker.id/detail/tips/2657/artikel/5-tips-sukses-menjadi-wanita-karir-dan-ibu-rumah-tangga

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini