Mengalami
rasa jenuh bekerja, merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh siapa
saja, apalagi bagi mereka yang sudah bekerja lebih dari 2 tahun dan sehari-hari
menjalani pekerjaan pada bidang yang sama. Meskipun sudah merasa sangat nyaman di
kantor dan mencintai pekerjaan, bukan berarti tidak akan mengalami rasa jenuh
bekerja. Rasa jenuh tersebut dapat menyebabkan kita sulit
konsentrasi/fokus terhadap penyelesaian pekerjaan, sehingga dapat menghambat
berbagai pekerjaan yang akhirnya membuat pekerjaan menumpuk.
Rasa jenuh tersebut, tentunya tidak dapat kita biarkan berlarut-larut. Kita
harus mencoba mengatasi rasa jenuh tersebut secara tepat, yang
dimulai dari mencari tahu apa penyebab rasa jenuh yang kita alami.
Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya yang sederhana saja, dapat disebabkan
antara lain karena semua meja kerja di ruangan yang berantakan, tata ruangan
yang membosankan, pekerjaan yang monoton dan tidak memiliki tantangan baru.
Adapun
cara mengatasi rasa jenuh bekerja dan upaya menyemangati diri kita
sendiri, antara lain dapat dilakukan dengan cara ini:
a. Bekerja
sama merapikan semua meja kerja agar tercipta suasana baru dan lebih lapang, lebih nyaman, serta menambah semangat bekerja.
b. Beristirahat
saat jam istirahat kantor, akan menjaga jarak otak dan tubuh kita lebih rileks
dan siap memulai lagi pekerjaan selanjutnya.
c. Berinteraksi
dengan teman kerja atau sahabat di luar kantor, juga dapat menjadi salah satu
cara mengatasi rasa jenuh. Saling sharing
atau curhat bisa mendapatkan masukan yang membantu meringankan keluhan kita.
d. Memanfaatkan
cuti untuk sekedar me time atau
bahkan liburan, akan bisa membantu mengembalikan mood bekerja.
e. Weekend merupakan alasan
mengapa kita lebih bersemangat di hari Jum’at, namun jangan menjadi
malas-malasan di hari Jumat. Menyambut weekend
dengan tetap menyelesaikan pekerjaan dengan baik.
f. Mengatur jadwal dan jam tidur, sehingga waktu untuk
tidur cukup agar keesokan harinya menjadi lebih segar, lebih fokus dan semangat
bekerja.
g. Memotivasi
diri/menyemangati diri sendiri, antara lain dengan:
1. Berhenti Menyalahkan Segalanya
Berusaha
menerima dan menghadapi masalah yang ada. Berhenti bersikap menyalahkan orang
lain/sesuatu, karena hal itu hanya akan membuang waktu saja. Sebesar apapun
kita menimpakan kesalahan ke orang lain, hal ini tidak mengubah diri kita
menjadi lebih baik.
2. Kerjakan
Pekerjaan dengan Sepenuh Hati
Berkomitmen
pada diri sendiri untuk selalu memberikan yang terbaik dan menyelesaikan dengan
baik setiap pekerjaan. Wajib menanamkan dalam diri kita untuk menjadi pribadi
yang berkualitas, bekerja dengan baik meskipun tidak ada orang (atasan/bawahan/rekan
kerja) melihat. Melakukan segalanya dengan benar dan niat tulus, akan membentuk
kualitas terbaik dalam diri kita.
3. Nikmati dan Hargai Perubahan
Perubahan
merupakan sesuatu yang terkadang membuat kita tidak nyaman dan sulit
beradaptasi. Namun perubahan menjadi hal yang penting bila kita ingin
berkembang menjadi pribadi yang tahan banting. Hal ini tetap harus dihadapi karena
tanpa kita sadari kita dituntut untuk mampu beradaptasi.
4. Memaafkan Membuat Pribadi Menjadi Lebih Kuat
Tindakan
memaafkan merupakan tindakan melupakan kesalahan orang lain, baik itu
atasan/bawahan/rekan kerja di kantor. Memaafkan
merupakan ciri orang yang kuat. Orang yang lemah tidak akan mampu memaafkan
kesalahan orang lain.
5. Kalahkan Kebiasaan Buruk dan Kembangkan Kebiasaan
Baik
Ketika
kebiasaan buruk terbentuk, secara konsisten itu akan membuat kehidupan makin
buruk. Kebiasaan buruk harus dikalahkan, atau kebiasaan buruk itu yang akan
mengalahkan kita. Misalnya, menunda pekerjaan pasti akan membuat pekerjaan
makin menumpuk.
Apabila
telah menemukan kebiasaan baik yang memperbaiki kualitas hidup, maka tentu akan
membuat kehidupan makin positif. Misalnya, menyadari segala hal yang menjadi kewajiban-kewajiban
kita saat di kantor, tentu akan mendorong kita untuk semakin bekerja dengan
baik.
Tidak membuang-buang
waktu, melakukan pekerjaan dengan baik, belajar berbagai hal baru yang dapat
menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi. Hal-hal baik ini akan menambah
kualitas hidup.
6. Meningkatkan Kesabaran
Terkadang apa yang kita dapatkan saat ini tidak seperti harapan kita. Misalnya pekerjaan yang dikerjakan di kantor saat ini tidak sesuai passion yang kita punya. Namun kita harus tetap berusaha melakukan yang terbaik pada setiap pekerjaan, karena semua tidak akan sia-sia. Jika misalnya kita selalu mengerjakan setiap pekerjaan dengan baik, dipastikan pimpinan memperhatikan hal itu (pimpinan tidak akan menutup mata) dan kedepannya merencanakan yang terbaik untuk kita.
7. Selalu Bersikap Sopan, Berfikir Baik dan
Berhati Baik
Apabila
ingin merasakan perbuatan positif dalam hidup, tetap berlaku sopan terhadap
siapa saja, Perilaku yang baik akan mencerminkan kepribadian yang baik
dan membuat pikiran kita ringan dan hati kita tenang. Hati dan pikiran yang
baik harus mampu kita seimbangkan.
Kita harus yakin bahwa setiap orang mengalami perubahan. Berfikiran bahwa orang yang pernah melakukan sesuatu yang tidak baik pada masa lalu, sekarang sudah berubah menjadi baik, hal ini merupakan bentuk dari pikiran positif. Mengapa kita harus selalu berfikiran positif? Karena pikiran positif akan selalu memancarkan energy positif dan membuat kita terlihat menawan dan menyenangkan. Daya tarik ini, yang akan membawa ke arah lingkungan yang lebih positif dan nyaman.
Beberapa
tips tersebut di atas itulah yang dapat dilakukan ketika kita mengalami
kejenuhan dalam bekerja. Kami
berharap agar beberapa cara/tips di atas mampu menjadi inspirasi dalam mengatasi
rasa jenuh saat bekerja, serta menjadi upaya menyemangati diri. Masih
banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan semangat disaat kita berasa
jenuh bekerja. Tak perlu merasa galau dulu, kita bisa memotivasi diri sendiri karena motivasi terbaik datang dari diri kita sendiri. Selalu mendorong
diri setiap hari ke arah yang lebih baik, terus-menerus mengembangkan sikap
positif, tetap semangat dan jangan pernah putus asa. (vita)
Sumber:
https://berkeluarga.id/2021/01/22/jenuh-bekerja-kembalikan-semangat-dengan-cara-ini/
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4581845/merasa-bosan-saat-bekerja-ini-cara-mengatasinya
https://www.brilio.net/wow/40-kata-kata-penyemangat-diri-sendiri-terbaik-dan-keren-200227f.html