Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kendari > Berita
Kendari Meambo, Upaya KPKNL Kendari Memajukan UMKM wilayah Sulawesi Tenggara
Hidayat Dita Nur Faizal
Kamis, 24 Agustus 2023   |   72 kali

Kendari (21/8) – KPKNL Kendari menyelenggarakan kegiatan Lelang UMKM bertajuk “Kendari Meambo” yang diikuti oleh 5 (lima) UMKM di wilayah Sulawesi Tenggara dengan produk yang beragam.

Meambo berasal dari Bahasa Tolaki yang berarti baik, bagus. hal tersebut sebagai simbolisasi bahwa produk-produk UMKM yang diproduksi oleh warga Sulawesi Tenggara memiliki kualitas yang baik dan bagus. Kendari Meambo yang dilaksanakan pada Senin, 21 Agustus 2023 merupakan kali pertama KPKNL Kendari adakan. Dilaksanakan secara online melalui website lelang.go.id dan dengan metode close bidding.

Untuk Kendari Meambo kali pertama ini, pemohon lelang sebanyak 5 (lima) peserta yaitu Dapur Intan yang menjual produk berupa makanan ringan seperti kacang mete dan keripik pisang, Coklat Erwin dengan produk berupa coklat mete dan kacang mete panggang, Rifafood Kupuji dengan produknya yaitu stik rumput laut mete dan keripik pisang coklat, Sagumi dengan produk berupa crispy brownies, bengbeng sagu mete, dan chips sagu daun kelor, Bima Sakti dengan produk madu hutan asli hutan kolaka, serta Bin AMR dengan produk berupa makanan ringan dan sambal. KPKNL Kendari menggandeng UMKM yang bergerak dibidang makanan sebagai langkah awal untuk memperkenalkan produk-produk khas Sulawesi Tenggara ke ranah nasional. Dengan total 30 lot lelang berhasil terjual sebanyak 29 lot lelang dengan kenaikan persentase harga kurang lebih 7% dari nilai limit objek lelang UMKM tersebut. Hal tersebut menandakan bahwa melalui lelang.go.id para pelaku UMKM akan mendapatkan keuntungan yang lebih optimal selain karena harga barang ditawar dengan lebih tinggi juga karena melalui website lelang.go.id produk-produk UMKM dapat menjangkau pasar nasional.

Pelaksanaan Kendari Meambo menjadi salah satu gebrakan baru dari KPKNL Kendari untuk memberikan dukungan yang maksimal kepada pelaku UMKM dalam memajukan usahanya, kedepannya KPKNL Kendari akan lebih giat lagi dalam memberikan dukungan kepada seluruh UMKM khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara, tidak hanya pada produk makanan melainkan tenun, kerajinan tangan, dan produk-produk lainnya. Sesuai dengan motto KPKNL Kendari yaitu Melulo Melayani dengan Lugas dan Penuh Loyalitas, Melulo!!

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini