Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
Saat Tumpukan Sampah Disulap Jadi Objek Wisata
Grace Teguh Kinanti
Kamis, 01 November 2018   |   566 kali

        Selasa, tanggal 30 Oktober 2018, bertepatan dengan peringatan Hari Oeang ke-72, Satuan Kerja Satker Kementerian Keuangan wilayah kerja Jember dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jember, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jember, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember dan Kantor Pengawas dan Pelayanan (KPPBC) Jember, mengadakan bakti sosial di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari, Jember. Acara dihadiri oleh para Kepala Kantor dan staff serta dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember, Arismaya Parahita. Selain diisi dengan pembagian sembako dan pakaian layak pakai, juga melakukan peninjauan ke TPA Pakusari. TPA yang selama ini selalu identik dengan hal-hal yang kotor, bau tidak sedap, semrawut. Namun tidak begitu kondisinya dengan TPA yang berlokasi di Kecamatan Pakusari, Jember, Jawa Timur. TPA Pakusari yang sebelumnya sangat kumuh sudah disulap menjadi lokasi yang sangat layak untuk dikunjungi dan telah diubah menjadi salah satu alternatif wisata di Jember.

        Arismaya Parahita juga menceritakan bahwa sebelum bertransformasi seperti sekarang ini, TPA Pakusari pernah mengalami kelebihan muatan sampah. TPA Pakusari ini merupakan “gudangn” sampah dari se-Kabupaten Jember. Tidak mengherankan jika di tahun 2015 yang lalu pernah kelebihan muatan sampah. Jalan satu-satunya untuk menekan peningkatan jumlah sampah itu dengan melakukan perluasan TPA serta melakukan pengolahan sampah. Namun sepertinya masalah sampah di Pakusari tersebut sekarang sudah bisa ditangani dengan baik. Berkat tangan-tangan terampil para pegawai yang mengurusi TPA yang dikoordinatori oleh staf kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jember, R.M Masbut, sekarang TPA Pakusari menjadi sangat asri, penuh warna warni dan instagenik.

       Tidak hanya warna warni cat yang membuat pemandangan di sekitaran TPA Pakusari makin cantik, para pengelola juga memanfaatkan berbagai barang plastik sebagai ornamen. Ada yang digantung di langit-langit, ada pula yang dimanfaatkan sebagai media tanam bunga-bunga. Sampah-sampah plastik seperti botol ataupun benda yang lainnya dimanfaatkan kembali. Sementara untuk pengunjung yang datang ke tempat tersebut bisa melihat proses pengolahan sampah menjadi gas metan yang digunakan untuk alternatif bahan bakar masyarakat sekitar. Guna menyedot para wisatawan untuk berdatangan, pihak pengelola berusaha membuat banyak spot Instagenik. Warna-warni yang cantik dengan barang-barang daur ulang dari sampah. Ada botol-botol bekas yang disulap jadi lampu hias kemudian dicat supaya bagus, dan lain sebagainya. Ada pula tempat duduk yang juga dicat sedemikian rupa sehingga menjadi eye catching. Pepohonan juga dicat supaya lebih menarik. Ada pula spot foto kupu-kupu serta tempat lainnya yang cantik.

        Lokasi di sekitar TPA Pakusari ini juga sangat asri karena ditanami banyak pepohonan dan bunga. Tidak ada aroma yang menggangu. Siapa sangka, tempat sampah bisa disulap jadi lokasi wisata yang sangat keren. Arismaya Paraihita juga berpesan apabila  mempunyai  rencana pergi traveling ke Jember, jangan lupa mampir ke TPA Pakusari ini, agar semakin sayang terhadap lingkungan.

(Text/Foto: Yuniantoro Sudrajad)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini