Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Artikel
KPKNL Jember Mengusung motto PAPUMA, Untuk Pelayanan Prima
Ghalang Alieftanza Hubirahman
Rabu, 28 September 2022   |   211 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember berlokasi di Jl. Slamet Riyadi 344 A Jember memiliki tata ruang modern, dengan dua lantai. KPKNL Jember mempunyai wilayah kerja yang cukup luas, meliputi 7 Kabupaten/Kota mulai dari Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo dan Kabupaten Lumajang. Luas wilayah kerja KPKNL Jember tersebut sama dengan 30% luas Provinsi Jawa Timur. Pengguna layanan dari KPKNL Jember sangat beragam, mulai dari satuan kerja Kementerian/Lembaga, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), BUMN/BUMD, kreditor maupun debitor.

Bergerak dalam sektor publik KPKNL Jember dituntut memberikan pelayanan yang prima. Dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Bab II Pasal 3b disebutkan terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik. Dengan demikian jelas bahwa pemerintahan harus memberikan pelayanan terbaik kepada publik. Mengusung motto PAPUMA (Profesionalisme, Amanah, Prima, Unggul, Mudah, Akurat), KPKNL Jember berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para Satker, baik eksternal maupun internal.

Berdasarkan realita, masalah pelayanan publik dilingkungan pemerintahan sudah lama menjadi pusat perhatian masyarakat seiring banyaknya kasus pelayanan publik yang dianggap kurang berpihak kepada kepentingan masyarakat. Ini mengisyaratkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan pemerintah belum menunjukkan hasil yang memuaskan bagi masyarakat (Rohayatin, T., Warsito, T., Pribadi, U., Nurmandi, A., Kumorotmo, W., & Suranto, S. (2017).  Pelayanan  yang  berbelit-belit,  in-efisiensi,  lambat, tidak ramah serta tidak jelasnya waktu penyelesaian dan  tidak jelasnya biaya pelayanan merupakan bukti nyata bahwa kualitas pelayanan yang diberikan aparatur pemerintah masih rendah dan pelayanan publik belum berkualitas.

Dengan mengusung motto PAPUMA (Profesionalisme, Amanah, Prima, Unggul, Mudah, Akurat) KPKNL Jember berupaya memberikan pelayanan berkualitas. Contoh konkrit PAPUMA telah dijalankan dengan baik oleh KPKNL Jember adalah KPKNL mendapat apresiasi berupa predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) pada tahun 2019 dan predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) pada tahun 2021. Pelayanan publik dalam rangka pelaksanaan lelang sudah dilaksanakan secara online/digitalisasi. Dengan digitalisasi maka data yang tercipta dapat tersimpan dengan rapi sehingga apabila dibutuhkan dapat disajikan dengan cepat dan tepat.

Berdasarkan PMK Nomor 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan lelang dijelaskan bahwa pelaksanaan lelang dilakukan melalui internet. Lelang dilakukan secara online melalui website www.lelang.go.id. Dengan melaksanakan lelang secara online maka lelang dapat berjalan dengan transparan, para peserta lelang tidak bisa saling mempengaruhi dan pihak lain juga tidak bisa mempengaruhi sehingga harga yang terwujud bisa optimal.

Selain melaksanakan lelang KPKNL juga mempunyai tugas untuk mengelola Barang Milik Negara (BMN), pengelolaan BMN ini menggunakan aplikasi SIMAN. Dengan SIMAN semua aset Negara dapat dimonitor sehingga aset yang tidak optimal / idle dapat segera ditindaklanjuti dengan dimanfaatkan bisa berupa sewa, kerjasama pemanfaatan atau untuk digunakan oleh instansi lain yang membutuhkan.

KPKNL salah satu tugasnya adalah melaksanakan lelang eksekusi sehingga potensi terjadinya permasalahan hukum sangat besar, oleh karena itu Seksi Hukum dan Informasi bertugas untuk  penanganan perkara, pengelolaan dan pemeliharaan perangkat, Jaringan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, penyajian informasi dan hubungan kemasyarakatan. Penanganan perkara dengan Aplikasi SIBANKUM (Sistem Informasi Bantuan Hukum) yang bersifat online. Sedangkan seksi Piutang Negara juga menggunakan aplikasi FOKUS-PN yang mana semua data terkait pengurusan piutang Negara dapat diunduh secara langsung.

Salah satu inovasi yang dibuat oleh KPKNL Jember adalah aplikasi SI-KPKNL yang berbasis web, sehingga semua kegiatan KPKNL mulai dari permohonan lelang sampai dengan pengelolaan SDM dapat diakses / dikelola secara online.

Dengan demikian, hampir seluruh kegiatan di KPKNL Jember sudah berbasis software sehingga pelaksanaan lebih mudah dan akurat. Masyarakat juga dengan cepat memperoleh informasi atau data yang dibutuhkan dengan digitalisasi tersebut sehingga dengan professionalisme pegawai dalam era globalisasi saat ini dapat menunjang pelayanan unggul dan prima. PAPUMA terlaksana, pelayanan publik SEMPURNA.

Penulis : Ulfa Rozaniah, KPKNL Jember

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini