Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pembahasan Refinement Perjanjian Kinerja, Kualitas Komitmen Kinerja dan Penyusunan Profil Risiko tahun 2023
Hariz Muftie Hidayat
Rabu, 30 November 2022   |   173 kali

Jakarta Pada Jumat, 18 dan 25 September 2022 KPKNL Jakarta IV mengadakan rapat pembahasan Refinement Perjanjian Kinerja, Kualitas Komitmen Kinerja dan Penyusunan Profil Risiko tahun 2023.

“Refinement jangan hanya sebagai rutinitas saja. Harus punya jiwa ownership dengan mekanisme ini, sehingga memiliki kepedulian dan kepemilikan yang tinggi terhadap instrument dan indikator kinerja.”

Proses penyusunan PK pada UPK—One hingga UPK— Three dilakukan melalui refinement berdasarkan hasil review PK tahun sebelumnya dengan mengacu pada PK unit organisasi pada level di atasnya serta rencana strategis UPK tersebut. Proses penjabaran dan penyelarasan PK meliputi SS dan IKU dilakukan melalui proses cascading dan alignment. Tujuan dari refinement sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kinerja di lingkungan DJKN.

Dalam paparan Kualitas Komitmen Kinerja, pegawai dijelaskan bagaimana cara untuk menghitung serta mengira-ngira nilai dari kualitas kontrak kinerja berjalan, dengan membandingkan rata rata bobot kualitas IKU dengan standar kualitas IKU. Kiranya, menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan kontak kinerja di tahun berikutnya.

Sementara itu, pada penyusunan profil risiko, masing masing seksi harus memetakan potensi risiko yang akan muncul dari proses pelayanan di KPKNL Jakarta IV, sehingga dapat dilakukan mitigas dan monitoring di tahun berjalan, kategori risiko yang dapat muncul antara lain seperti risiko Kebijakan, reputasi, fraud, legal, kepatuhan, operasional.

Paparan atas Refinement Perjanjian Kinerja, Kualitas Komitmen Kinerja dan Penyusunan Profil Risiko tahun 2023 tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Jakarta IV, Yusuf S. serta Pelaksana seksi KI, Endah M. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini