Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kenal lebih Jauh tentang RPT, KPKNL Jakarta IV Sosialisasikan Rencana Pemantauan Tahunan
Yuliati
Jum'at, 23 September 2022   |   3559 kali

Pada Kamis, 22 September 2022, KPKNL Jakarta IV menyelenggarakan sosialisasi Rencana Pemantauan Tahunan (RPT) DJKN Tahun 2022. Dimulai sejak pukul 09.00 WIB, seluruh pegawai KPKNL Jakarta IV mengikuti sosialisasi ini secara daring melalui aplikasi Zoom dengan narasumber Ria, pelaksana pada seksi Kepatuhan Internal.

“RPT merupakan acuan bagi Pelaksana Pemantauan di Lingkungan DJKN dalam melaksanakan pemantauan penerapan Sistem Pengendalian Intern sebagaimana yang diatur di dalam KMK Nomor 477/KMK.09/2021 tentang Pedoman Pemantauan Penerapan Sistem Pengendalian Intern di Lingkungan Kemenkeu”, demikian Ria memulai paparannya. Lebih lanjut disampaikan,  bahwa RPT DJKN Tahun 2022 telah ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor 142/KN/2022 tanggal 11 April 2022.

Pemantauan yang dilaksanakan antara lain: Evaluasi Pengendalian Intern Tingkat Entitas (EPITE), Pemantauan Pengendalian Intern Tingkat Aktivitas (PPITA), Pemantauan Penerapan Kode Etik dan Kode Perilaku, Profiling dan Fraud Risk Scenario, serta Pemantauan lain yang bersifat inovasi atau diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan lainnya.

EPITE dilaksanakan minimal satu kali dalam dua tahun atau apabila terjadi perubahan kepemimpinan, perubahan strategis organisasi dan/atau perubahan struktur organisasi. EPITE Tahun 2022 pada KPKNL Jakarta IV telah selesai dilaksanakan dan dilaporkan pada triwulan I Tahun 2022.

PPITA merupakan pemantauan atas pelaksanaan proses bisnis pengendalian utama melalui perangkat Laporan Hasil Pengujian Pengendalian Utama (LHPPU). Pada lingkup KPKNL, terdapat 10 proses bisnis yang dipantau.

Sementara pemantauan Kode Etik dan Kode Perilaku, Profiling dan Fraud Risk Scenario dilakukan untuk memastikan penegakan integritas dan nilai etika telah diterapkan oleh seluruh jajaran pegawai secara sistematis dan objektif.

Sosialisasi diakhiri dengan diskusi dan ditutup pada pukul 10.00 WIB.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini