Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta IV Terima Kunjungan Mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
Yuliati
Jum'at, 20 Desember 2019   |   212 kali

Jakarta – pada hari Kamis, tanggal 20 Desember 2019, KPKNL Jakarta IV menerima kunjungan dari mahasiswa Program Studi Diploma III Manajemen Aset Jurusan Manajemen Keuangan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Tujuan kegiatan tersebut adalah dalam rangka melakukan observasi praktek pengelolaan Barang Milik Negara. Beberapa KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta termasuk KPKNL Jakarta IV dipilih sebagai tempat untuk melakukan observasi.

Pada kesempatan pembukaan acara, Kepala Seksi Hukum dan informasi memperkenalkan gambaran secara umum mengenai tugas dan fungsi KPKNL. KPKNL Jakarta IV memberikan pelayanan tidak hanya mengenai piutang dan lelang namun juga sebagai pengelola kekayaan negara. Beragamnya tugas dan fungsi KPKNL menyebabkan kita harus menambah wawasan dan lebih memahami DJKN lebih dalam. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya informasi, dan menambah ilmu bagi para mahasiswa mengenai tugas dan fungsi yang ada di KPKNL Jakarta IV dan juga dalam hal pengelolaan Barang Milik Negara.

Selanjutnya disampaikan materi mengenai pengelolaan Barang Milik Negara oleh Putri Sion dari seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Jakarta IV. Materi yang disampaikan mulai dari pengelolaan kekayaan negara pada umumnya, siklus pengelolaan BMN, dan bagaimana praktek pemanfaatan barang milik negara pada KPKNL Jakarta IV. Disampaikan pula mengenai pekerjaan besar yang sedang dilakukan oleh KPKNL yaitu rerevaluasi dan juga evaluasi kinerja portofolio aset. Ditekankan juga oleh Putri bahwa kita harus tanggap dan aware terhadap aset negara. BMN idle yang telah diserahkan kepada Pengelola Barang dapat memberikan kontribusi pendapatan negara dari PNBP melalui mekanisme pemanfaatan BMN. Pada intinya kita harus jeli dalam melihat peluang bagaimana aset harus seoptimal mungkin digali potensinya.

Para mahasiswa sangat antusias dalam kegiatan ini baik dengan aktif bertanya  maupun memberikan pendapat mereka terkait pengelolaan BMN. Sebagai feedback, mahasiswa diberikan pertanyaan maupun contoh soal namun dalam kemasan yang menarik untuk mengetahui dan mengevaluasi apakah materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik. (teks/foto: seksi hi.jkt4)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini