Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sekarang Zaman Baru Dimulai, dengan AI
Hariz Muftie Hidayat
Selasa, 27 Juni 2023   |   2172 kali

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) telah menjadi salah satu topik yang paling menarik dan kontroversial dalam dunia teknologi. Dari aplikasi rumah pintar hingga mobil otonom, AI telah mempengaruhi dan mengubah berbagai aspek kehidupan manusia. Artikel ini akan menjelajahi beberapa perkembangan terbaru dalam bidang AI dan dampaknya pada masyarakat

AI mulai mendapat sorotan lebih di akhir tahun 2022. Pada 30 November 2022, OpenAI merilis aplikasi intuitif bernama Chat GPT, yang digadang-gadang menggunakan AI sebagai otak kerjanya. Sejak saat itu, diperkirakan telah muncul ribuan platform berbasis AI yang telah tersedia hingga saat ini.

Berikut adalah contoh dari bentuk AI yang populer, dan penulis perkirakan akan dekat dengan kehidupan kita di kemudian hari.

1.       ChatGPT

Chat GPT (Generative Pre-trained Transformer) adalah model bahasa alami yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini didasarkan pada arsitektur Transformer dan menggunakan pembelajaran berbasis teks untuk menghasilkan respons terhadap input pengguna.

 

Chat GPT merupakan salah satu contoh penggunaan GPT dalam aplikasi percakapan. Model ini dilatih menggunakan berbagai sumber data dari internet dan memiliki pemahaman yang luas tentang berbagai topik. Dengan menggunakan teknik pembelajaran mendalam, Chat GPT dapat menghasilkan respons yang koheren dan relevan terhadap pertanyaan dan pernyataan pengguna.

 

Tujuan Chat GPT adalah untuk memfasilitasi percakapan yang alami dan interaktif antara pengguna dan sistem. Model ini dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti asisten virtual, chatbot, atau interaksi antarmuka manusia dan mesin lainnya.

 

ChatGPT dapat diakses melalui https://chat.openai.com/.

2.       Adobe Sensei

Adalah platform kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak terkenal, Adobe. Adobe Sensei menyediakan berbagai fitur dan alat AI yang terintegrasi dalam produk-produk Adobe, seperti Adobe Creative Cloud dan Adobe Experience Cloud.

 

Adobe Sensei memanfaatkan teknologi AI dan pembelajaran mesin untuk memberikan solusi cerdas dalam berbagai bidang, termasuk desain, fotografi, video, pengalaman pengguna, dan pemasaran digital. Adobe Sensei dapat dirasakan manfaatnya saat ini pada software beta/ujicoba Adobe seperti Photoshop dan Firefly.

 

3.       AI Search Engine

Bentuk lain dari penggunaan AI adalah integrasi pada mesin pencarian (Search Engine). Google dan Microsoft -dua raksasa mesin pencari- berlomba menyelesaikan dan menyediakan fitur pencarian terbaru ini. Adalah Bard (Google) dan Bing AI (milik Microsoft) sebagai produk AI yang teah hadir di tahun 2023. Bing AI hadir dengan dasar OpenAI GPT-4 (sama seperti ChatGPT), sedang Bard dikembangan sendiri oleh internal Google.

 

Bard dapat diakses melalui https://bard.google.com/?hl=en_GB dan Bing AI di laman https://www.bing.com/?/ai

4.       AI Art Generator

AI Art Generator adalah sebuah perangkat atau program yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menciptakan seni atau gambar secara otomatis. AI Art Generator memanfaatkan teknik pembelajaran mesin dan jaringan saraf tiruan (neural networks) untuk menghasilkan karya seni yang unik dan kreatif. Namun terdapat beberapa kontroversi dari program-program ini. Beberapa seniman mengklaim bahwa karya mereka dicuri AI untuk menciptakan gmbar baru yang diinginkan oleh pengguna. Jadi, hal ini perlu dijadikan pertimbangan etis ketika menggunakan program-program tersebut.

 

Program-program tersebut antara lain seperti DALL-E2, Midjourney dan NightCafe.

 

5.       Vision Pro oleh Apple

Produk terakhir dan terbaru ini bukan lah dalam bentuk AI seperti yang dijelaskan penulis diatas. Vision Pro merupakan produk yang menggunakan Augmented Reality dan Virtual Reality, dalam bentuk kacamata -yang tampak seperti kacamata skuba. Meski Apple tidak pernah menyebutkan kata-kata AI, namun beberapa fitur pintar di kacamata ini diperkirakan menggunakan AI. Diperkirakan, dengan hadirnya Vision Pro akan mengubah cara kita berinteraksi dengan layar komputer, serta kehidupan komputasi lainnya.

Nah dari daftar di atas, apakah pembaca sudah mencoba salah satu bentuk artificial intelligence tersebut? Perlu dicatat bahwa program-program tersebut hanya sedikit dari banyaknya bentuk AI yang telah hadir, dan siap membantu pekerjaan kita. Atau, mengambil alih pekerjaan kita?

Teks: Hariz Muftie Hidayat


 

Daftar Pustaka

Eraspace. " Mengenal Keunggulan Apple Vision Pro, Siap Kuasai Industri VR?." Eraspace,. Diakses 23 Juni 2023. (https://eraspace.com/artikel/post/mengenal-keunggulan-apple-vision-pro-siap-kuasai-industri-vr)

Matt Ahlgren. " 8 Generator Seni AI Terbaik (Gratis Dan Berbayar – Dengan Contoh)." Websiterating. Diakses 26 Juni 2023. (https://www.websiterating.com/id/productivity/best-ai-art-generators)

Maria  Diaz. " What is AI? Everything to know about artificial intelligence". Zdnet, 21 April 2023. Diakses 23 Juni 2023. (https://www.zdnet.com/article/what-is-ai-heres-everything-you-need-to-know-about-artificial-intelligence/)”

Adobe. " Adobe Sensei empowers you to create — and wow your customers". Adobe. Diakses 26 Juni 2023. (https://www.zdnet.com/article/what-is-ai-heres-everything-you-need-to-know-about-artificial-intelligence/)”

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini