Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta II > Berita
Penyelenggaraan Sosialiasi Excellent Service Untuk Peningkatan Performa Layanan
Didit Prasetyo
Rabu, 06 September 2023   |   33 kali

KPKNL Jakarta II melaksanakan kegiatan Sosialisasi Excellent Service sebagai bentuk pengembangan kompetensi soft skill guna mendukung pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Sosialisasi ini sendiri menggandeng BRI Cabang Cut Mutia Jakarta Pusat sebagai narasumber untuk menyampaikan materi mengenai Standar Excellent Service kepada pengguna layanan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 28 Agustus 2023 pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Lt.3 KPKNL Jakarta II. 

Kegiatan Sosialisasi diawali penyampaian sambutan oleh Kepala KPKNL Jakarta II, M. Arif Setyawantika. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Pimpinan Kacab BRI Cut Mutia, Rio Nugroho yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan kepada BRI, dengan harapan agar terjalin kerjasama tidak hanya terkait lelang namun juga terhadap layanan lainnya. 

Sebagai inti dari acara sosialisasi ini, perwakilan dari BRI Cut Mutia selaku narasumber menyampaikan pemaparan mengenai Excellent Service yang menekankan mengenai beberapa faktor yang berpengaruh dalam pemberian layanan. Point utama dalam pelayanan adalah Profesionalisme yang merupakan kemampuan Instansi memberikan pelayanan publik yang baik dan mengerti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu terdapatnya standar pelayanan dalam suatu organisasi untuk memberikan Excellent Service dimana selanjutnya hal tersebut akan berdampak besar pada kepuasan masyarakat. Dalam pemberian layanan, juga diperlukan adanya kejelasan informasi yang mudah dipahami karena masyarakat adalah alasan utama dalam penyedian layanan.   

Excellent Service itu sendiri merupakan pelayanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan layanan melebihi harapan. Sedangkan standar layanan adalah tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan teratur. Menjadi penting untuk memberikan janji layanan untuk menjamin kepastian persyaratan, kepastian biaya, dan kepastian waktu penyelesaian serta lomitmen melayani secara SMART: Sigap, Mudah, Akurat, Ramah, Terampil.  

Dari pemaparan materi yang disampaikan, dapat disimpulakn bahwa point yang paling essential dalam pemberian layanan yaitu komitmen dari petugas pemberi layanan dalam mengaplikasikan semua prinsip dan prosedur yang sudah disepakati. Selain itu, keterbukaan informasi sebagai penyanggah utama dalam pemberian excellent service serta prinsip mengutamakan kebutuhan pengguna jasa menjadi point yang sangat vital. 

Melalui Sosialisasi Excellent Service diharapkan menjadi inspirasi bagi seluruh staf untuk meningkatkan standar kinerja serta standar pelayanan menuju pelayanan yang prima. Dengan tujuan yang lebih besar adalah menciptakan lingkungan kerja pada KPKNL Jakarta II yang excellent baik bagi staf maupun bagi pengguna jasa sehingga dapat meningkatkan citra Kementerian Keuangan sebagai Instansi Pengelola Keuangan Negara.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini