Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Internalisasi dan Sosialisasi Tugas dan Fungsi KPKNL Jakarta II
Dimas Aulia Tanaya
Senin, 22 Maret 2021   |   343 kali

KPKNL Jakarta II sebagai kantor pelayanan sering kali mendapatkan permohonan untuk menerima mahasiswa magang ataupun Praktek Kerja Lapangan (PKL). Pada kenyataannya, tidak sedikit dari mahasiswa magang ataupun siswa PKL ini yang tidak mengetahui tentang apa itu KPKNL dan hal apa saja yang dikerjakan di KPKNL, khususnya KPKNL Jakarta II. Oleh karena itu pada kesempatan ini, diadakan kegiatan sosialisasi dan internalisasi yang bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa PKL yang kali ini berasal dari PKN STAN. Selain untuk mengedukasi mahasiswa PKL, kegiatan ini juga merupakan salah satu program dari Tim Tata Laksana yaitu mendukung penerapan e-Governance.

Kegiatan Internalisasi dilaksanakan secara tatap muka di Ruang Rapat KPKNL Jakarta II dan secara daring melalui aplikasi Zoom Online Meeting untuk mengakomodir pegawai yang sedang WFH. M. Hasbi Hanis selaku Ketua Tim Tata laksana membuka kegiatan dengan menjelaskan beberapa hal mengenai pelaksanaan PKL. Disampaikan pula bahwa kegiatan sosialisasi ini dilakukan dalam rangka mewujudkan KPKNL Jakarta II menuju Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Mahasiswa/I PKN STAN sebagai stakeholder dari KPKNL Jakarta II menjadi sasaran dari pengenalan KPKNL Jakarta II. Dalam penjelasannya, disampaikan bahwa mahasiswa dipersilakan memberi pendapat dan saran mengenai peayanan di KPKNL JAKARTA II. PKL diharapkan menjadi sarana pembelajaran yang maksimal bagi mahasiswa PKN STAN agar mampu menjadi contoh ketika nantinya sudah bekerja. ---- juga menyampaikan kesediaannya menjawab berbagai pertanyaan dari mahasiswa mengenai KPKNL Jakarta II terlebih untuk mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya.

Perlu diketahui bahwa terdapat sembilan mahasiswa/I PKN STAN yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di KPKNL Jakarta II. Sembilan mahasiswa ini berasal dari program studi DIII Manajemen Aset dan PBB/Penilai dengan penempatan di beberapa seksi di KPKNL Jakarta II

Acara dilanjutkan dengan penjelasan tusi dari masing-masing seksi. Turut hadir Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Kepala Seksi Penilaian dan Kepala Subbagian Umum, serta beberapa pelaksana KPKNL Jakarta II. Penjelasan ini dilakukan untuk menjabarkan pekerjaan yang diselesaikan pada masing-masing seksi agar mahasiswa/I peserta PKL dapat mengenal KPKNL Jakarta II lebih dalam lagi. Mahasiswa/I peserta PKL juga membagikan cerita dan pengalamannya melakukan PKL di KPKNL Jakarta II pada waktu sebulan terakhir. Selain itu, dibahas pula persiapan penulisan laporan PKL yang perlu dikumpulkan di akhir masa PKL. Diharapkan materi yang disampaikan mengenai proses bisnis yang ada di KPKNL Jakarta II dapat menjadi bagian dari laporan PKL.

Setelah kegiatan sosialisasi dan internalisasi, di akhir acara disampaikan bahwa SOP yang ada di KPKNL Jakarta II sudah sesuai peraturan perundang-undangan yang ada dan berlaku. Sehingga diharapkan Tata Laksana tugas dan fungsi KPKNL Jakarta II dengan dukungan penerapan e-Governance dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan kualitas layanan yang tinggi.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini