Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
7 Tips Simpel Fotografi Menggunakan Kamera Handphone Untuk Mendapatkan Hasil Foto Yang Aesthetic
Dimas Aulia Tanaya
Senin, 04 Juli 2022   |   40271 kali

Di jaman sekarang, fotografi menggunakan kamera telepon genggam sudah menjadi sesuatu hal yang lumrah, selain karena telepon genggam adalah salah satu barang yang akan selalu ada dalam tas atau saku pakaian, kualitas kamera telepon genggam keluaran sekarang sudah sangat mumpuni, bahkan banyak Content Creator yang menggunakan telepon genggam sebagai kamera utamanya. Selain itu ukurannya yang kecil dan ringkas memudahkan kita untuk mengambil foto, kalian tinggal mengeluarkannya dari saku celana atau baju lalu “Point and Shoot” arahkan dan “tembak”, tembak disini bukan menembak dan mengeluarkan peluru, tetapi menembak disini adalah menangkap objek yang menjadi objek foto menggunakan telepon genggam kalian. Tetapi, hanya mengarahkan dan menangkap objek foto saja tentu tidak menjamin akan memberikan kalian hasil foto yang maksimal, yang bagus, atau yang anak jaman sekarang bilang, Aesthetic. Untuk mendapatkan hasil foto yang Aesthetic, penulis akan memberikan 7 tips yang sebenarnya sangat simpel dan mudah agar kalian dapat mendapatkan hasil foto yang maksimal dan pastinya, Aesthetic.


1.      Selalu Cek dan Bersihkan Lensa Kamera

Hal ini adalah hal yang paling simpel dan dasar. Lensa kamera yang kotor akan menghasilkan foto yang buram, detail gambar tidak akan terlihat dan foto yang aesthetic pun tentu saja tidak akan kalian dapatkan. Selalu cek lensa kalian sebelum mengambil foto karena sering kali tanpa sadar tangan kita menyentuh lensa kamera dan meninggalkan sidik jari atau kotoran-kotoran lainnya di lensa kamera. Membersihkan menggunakan kain yang lembut atau lap kacamata dapat dengan aman membersihkan lensa kalian dari kotoran-kotoran. Jangan menggunakan kain yang memiliki tektus kasar seperti tisu makan. Selain itu, sebelum membersihkan lensa menggunakan sesuatu, selalu cek lensa maupun alat yang akan digunakan untuk membersihkan lensa, apakah terdapat objek asing atau kerikil kecil ataupun pasir kecil sebelum mengelap lensa, dikhawatirkan objek asing tersebut akan membuat lensa tergores dan apabila lensa sudah tergores, tentu saja akan berpengaruh pada kualitas foto yang akan kalian ambil.


2.      Atur Fokus untuk Mendapatkan Ketajaman Foto Maksimal

Fokus adalah hal yang penting dalam pengambilan foto, fokus yang benar dan tepat dapat meningkatkan kualitas foto hingga berkali-kali lipat, fokus yang benar juga memudahkan bagi orang yang melihat foto untuk mencerna makna dari foto yang kita bagikan. Mengatur fokus pada kamera telepon genggam sangatlah mudah, kalian cukup sentuh di layar telepon genggam di bagian mana kalian ingin fokus tertuju. Kalian juga bisa mengunci fokus dengan menyentuh agak lama pada bagian yang kalian ingin fokuskan, setelah disentuh cukup lama, akan muncul tulisan AF Lock pada layar.


3.      Atur Exposure untuk Mendapatkan Cahaya yang Ideal

Mengatur Exposure akan berpengaruh kepada cahaya dari foto yang akan kita peroleh nantinya, biasanya secara otomatis perangkat lunak dari kamera telepon genggam kalian akan mengatur exposure nya disesuaikan dengan pencahayaan disekitar, tetapi adakalanya untuk mendapatkan cahaya yang diinginkan seperti apabila kita ingin mengambil foto sunset atau foto siluet, maka pengaturan exposure secara manual harus dilakukan. Dibeberapa jenis telepon genggam, pengaturan exposure secara otomatis biasanya dilakukan bersamaan dengan pengaturan fokus yaitu cukup dengan menyentuh pada bagian objek utama yang ingin kita ambil, maka exposure dan fokus akan otomatis berubah. Tetapi untuk pengaturan secara manual, dapat dilakukan dengan menyentuh layar seperti ingin melakukan pengaturan otomatis, lalu dapat dilihat akan muncul seperti slider yang bisa kita gerakkan untuk mengatur exposure yang diinginkan.


4.      Stabilkan Posisi Tangan dan Tubuh untuk Menghindari Foto yang “Shaky”

“Posisi menentukan prestasi” peribahasa itu bisa dipakai juga dalam pengambilan foto, posisi tangan dan tubuh yang mantap dapat menghasilkan foto yang stabil dan tidak “Shaky” atau bergoyang. Seringkali foto yang “Shaky” dikarenakan posisi kita yang kurang stabil, kondisi tangan yang gemetar atau tremor atau bisa jadi juga karena pencahayaan yang kurang sehingga kamera akan berusaha lebih keras untuk mengambil foto dikondisi cahaya yang minim, sehingga pergerakan kecil saja akan membuat foto menjadi “Shaky”. Mengakali hal tersebut bisa dilakukan dengan memposisikan tangan senyaman dan semantap mungkin saat akan mengambil foto, apabila dirasa masih kurang stabil, kalian bisa menggunakan alat bantu berupa Tripod. Tripod untuk telepon genggam sudah banyak tersedia baik di took online maupun offline. Apabila kalian sudah mempunyai tripod untuk kamera, kalian bisa membeli mounting tambahan agar bisa digunakan untuk telepon genggam juga.


5.      Gunakan Rule of Third untuk Komposisi Foto yang Lebih Baik

Rule of Third adalah suatu acuan komposisi yang membagi frame menjadi 9 kotak dengan ukuran yang sama, tujuan utama dari Rule of Third ini adalah menempatkan objek foto di 1/3 kiri atau kanan dari frame dan membiarkan 2/3 bagian yang lainnya lebih terbuka/kosong. Objek ditempatkan di titik dimana garis horizontal dan vertikal bertemu. Dengan menggunakan aturan ini, kita dapat lebih memunculkan objek foto dan latar belakang dengan komposisi yang baik. Untuk lebih memudahkan dalam pengaplikasian metode ini, kalian bisa mengaktifkan mode Grid di pengaturan kamera telepon genggam kalian.

 

6.      Menggunakan Burst Mode untuk Mengambil Foto dengan Gerakan Cepat

Seringkali kita mengalami kesulitan ketika ingin mengambil foto yang objeknya bergerak dengan cepat. Menyiasati hal tersebut, terdapat satu fitur yang dinamakan Burst Mode. Mode ini memungkinkan kita untuk mengambil banyak foto dalam waktu yang cepat. Setelah mengambil foto menggunakan mode ini, kita tinggal memilih foto mana yang paling pas yang sesuai dengan yang kita inginkan. Menggunakan mode ini biasanya hanya cukup dengan menyentuh tombol shutter sedikit lama, lamanya tombol shutter disentuh akan berpengaruh kepada banyaknya gambar yang diambil oleh telepon genggam. Selalu cek pengaturan kamera di menu “Pengaturan” untuk memastikan bagaimana mengaktifkan mode burst pada telepon genggam anda


7.      Post Processing (Editing Foto) untuk Lebih Memunculkan dan Warna yang Diinginkan

Post-Processing atau orang juga menyebutnya editing foto adalah sentuhan akhir yang bisa kalian lakukan untuk menambah keindahan dari foto kalian ataupun memang dengan melakukan Post Processing ada unsur atau warna yang ingin kalian tonjolkan atau redupkan. Melakukan Post Processing  dilakukan juga oleh para fotografer professional diluar sana dan banyak pilihan aplikasi editing foto yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Aplikasi yang mungkin paling sering kalian dengar atau bahkan sudah kalian gunakan adalah Adobe Lightroom, baik itu yang versi desktop ataupun versi mobile yang bisa kalian install di telepon genggam kalian masing-masing. Selain itu juga terdapat aplikasi Snapseed yang tidak kalah powerfull dan lengkap dibanding Adobe Lightroom, , Instagram dengan filter, stiker dan elemen-elemen lain yang sering kalian jumpai di unggahan foto di Instagram, dan juga ada aplikasi VSCO yang seperti Instagram juga dilengkapi dengan filter-filter ciamik yang bisa kalian gunakan dengan mudah. Aplikasi-aplikasi yang penulis sebutkan tadi merupakan aplikasi yang bisa kalian install dengan gratis, tetapi juga apabila kalian membutuhkan beberapa fitur-fitur premium dari aplikasi tersebut, kalian dapat membayar sejumlah uang untuk membuat aplikasi yang kalian gunakan lebih powerfull dan pastinya dapat lebih membantu kalian untuk memunculkan hasil foto terbaik yang kalian inginkan.

Itulah 7 (tujuh) tips yang sangat simpel dan mudah agar kalian dapat mendapatkan hasil foto yang maksimalKalian bisa langsung mempraktekan tips tersebut dan melihat sendiri bagaimana perbedaan yang akan kalian dapat setelah menerapkan 7 (tujuh) tips tersebut. Dalam artikel ini juga ada foto yang bisa kalian cek sebagai panduan untuk lebih memudahkan pemahaman kalian pada 7 (tujuh) tips diatas. Sebelum penulis mengakhiri artikel ini, ada satu tips paling penting yang harus selalu kalian ingat, JANGAN PERNAH BERHENTI UNTUK MENCOBA DAN MENGEKSPLOR. Mencoba dan mempelajari hal-hal baru, mengambil foto menerapkan hal yang kalian pelajari terus menerus akan mengasah ketajaman insting fotografer kalian. Selamat hunting foto!


Sumber :

·         Matt Chesebrough  (2021). How to do Better Mobile Phone Photography – 7 Easy Tips. Diakses pada tanggal 17 Juni 2022 dari https://www.digitalphotomentor.com/mobile-phone-photography-tips/

·         Kate Wesson. (2015). 12 Mobile Photography Tips Every Photographer Should Know. Diakses pada tanggal 17 Juni 2022 dari https://iphonephotographyschool.com/mobile-photography-tips/

·         Marc Newton. (2021). How to take good photos with a phone – 10 killer tips!. Diakses pada tanggal 17 Juni 2022 dari https://www.theschoolofphotography.com/tutorials/how-to-take-good-photos-with-a-phone 


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini