Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta II > Artikel
PERINGATAN 17 AGUSTUS DI MASA PANDEMI, PERAYAAN SEDERHANA TANPA MENGURANGI SEMANGAT KEMERDEKAAN
Dimas Aulia Tanaya
Jum'at, 20 Agustus 2021   |   4988 kali

17 Agustus 2021, bertepatan dengan 76 tahun peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, sudah 76 tahun kita merdeka dan berjuang menjadi bangsa yang merdeka. 76 tahun bukanlah umur yang kecil, banyak hal yang telah Indonesia lalui hingga bisa menjadi bangsa yang seperti ini, masih berkembang dan berusaha untuk maju, walau banyak halangan dan rintangan, tetapi penulis yakin Indonesia dapat dan mampu melewati semuanya. 

17 Agustus kali ini mungkin tidak terasa semeriah tahun-tahun sebelumnya, tidak ada perayaan besar, tidak ada pawai, tidak ada festival ataupun pesta rakyat yang diselenggarakan karena kita masih dalam masa pandemi COVID-19, sudah dua kali 17 Agustus yang terasa berbeda karena pandemi ini, tahun 2020 dan tahun 2021 terasa tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Penulis ingat ketika penulis kecil, tanggal 17 Agustus adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, selain untuk memperingati hari kemerdekaan kita Republik Indonesia, di tanggal 17 ini semua orang bersuka cita dan merayakan datangnya tanggal ini dengan melakukan berbagai jenis perayaan yang menunjukan semangat kemerdekaan seperti, lomba-lomba khas 17-an, pawai keliling kota dengan berbagai kostum, dan juga mungkin untuk beberapa instansi terkhusus instansi pemerintahan, pada tanggal 17 Agustus ini melaksanakan upacara bendera secara langsung dan serentak di seluruh penjuru negeri.

Walaupun dalam suasana pandemi seperti ini, penulis merasakan semangat kemerdekaan, semangat untuk merayakan 17 Agustus ini tetap terasa dan tidak surut, hanya mungkin bentuk dan cara perayaannya yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya seperti, upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan hanya dilakukan oleh pejabat tertinggi negara seperti presiden, wakil presiden, menteri-menteri dan disiarkan secara langsung lalu kita dari rumah mengikuti upacara tersebut seakan-akan kita ikut serta berupacara pada saat itu. Lomba-lomba berubah menjadi lomba yang lebih menggunakan teknologi dengan tentu saja tema dari lomba tersebut berhubungan dengan hari kemerdekaan, bahkan penulis pernah melihat ada lomba tarik tambang online yang dilakukan oleh sebuah instansi pemerintahan menggunakan media sosial, dan ternyata hal tersebut mendapat respon baik dari orang-orang dan banyak juga yang berpartisipasi dalam lomba tersebut, kreatifitas inilah yang menunjukan bahwa walaupun tidak secara langsung kita “turun ke jalan” selama kita masih memiliki semangat dan rasa nasionalis yang besar, kita dapat melakukan hal-hal baik dan bermanfaat untuk merayakan hari kemerdekaan ini.

Akhir kata penulis ingin mengucapkan, Dirgahayu Republik Indonesia ke-76! Semoga Indonesia menjadi bangsa merdeka yang semakin kuat, tangguh dan berjaya. MERDEKA! MERDEKA!


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini