Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Komunikasi dan Tips Singkat untuk Memperlancarnya
Dimas Aulia Tanaya
Kamis, 10 Juni 2021   |   3584 kali

         Komunikasi atau communication berasal dari Bahasa Latin communication atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). Secara sederhana, komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Komunikasi sendiri merupakan proses penyampaian informasi atau pesan dari satu orang kepada orang lain melalui sarana atau media tertentu dengan tujuan dan dampak tertentu pula. Di zaman dulu, orang – orang berkomunikasi dengan cara menulis surat dan mengirimkannya menggunakan kuda ataupun media lainya. Seiring dengan kemajuan zaman dan khususnya teknologi, metode komunikasi semakin berkembang dan memunculkan berbagai macam media baru yang dapat digunakan untuk mempermudah komunikasi bahkan walaupun terpaut jarak yang jauh sekalipun.

Seberapa penting sih, komunikasi itu? Menurut penulis, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pada dasarnya, manusia itu adalah makhluk sosial yang interdependensi atau saling membutuhkan, dan dalam memenuhi kebutuhan dan kepentingannya, komunikasi adalah jalan utamanya.

Dalam dunia kerja, komunikasi adalah suatu hal yang dapat sangat berpengaruh terhadap kegiatan organisasi, penyampaian komunikasi yang benar dan tepat akan memudahkan organisasi untuk mencapai tujuannya. Dalam pelaksanaan komunikasi di dunia kerja tak jarang terjadi miss-communication atau miskomunikasi atau kegagalan dalam komunikasi, yang tentu saja banyak faktor yang dapat menyebabkan miskomunikasi ini. Miskomunikasi merupakan suatu hal yang harus dihindari. Peristiwa tersebut seringkali terjadi apabila si informan memberikan informasi yang kurang jelas atau tidak mendetail, dan penerima informasi menangkap pemahaman yang berbeda dari informasi tersebut, sehingga menyebabkan terjadinya informasi yang disampaikan menjadi berubah ataupun rusak, sehingga informasi gagal tersampaikan dan bahkan bisa berujung fatal. Meskipun miskomunikasi ini lumrah terjadi, tetapi setidaknya kita sudah harus bisa mencegah dan meminimalisir hal tersebut.

Penulis mempunyai beberapa tips untuk mencegah dan menimalisir terjadinya miskomunikasi, tipsnya simpel dan hanya dua buah, yaitu Bertanya dan melakukan Konfirmasi. Tanyakan semua hal yang tidak dimengerti atau kalian rasa meragukan dalam informasi tersebut kepada pemberi informasi, hal ini dilakukan apabila kalian sebagai penerima informasi kurang menangkap isi informasi ataupun informasi yang kalian terima kurang jelas atau kalian rasa tidak utuh. Setelah bertanya kalian konfirmasi kembali informasi tersebut, apakah sudah benar dan sesuai dengan maksud dari si pemberi informasi, sehingga pesan atau informasi tersebut dapat langsung diproses oleh kalian sebagai penerima informasi. Metode ini bisa dilakukan terus dan berulang apabila kalian rasa kalian belum dapat menangkap sepenuhnya makna informasi yang disampaikan oleh pemberi informasi. Tetapi perlu diingat juga, proses ini dapat memakan waktu yang mungkin berbeda-beda tergantung isi informasi dan sejauh mana kalian menangkap informasi tersebut, semakin sering kalian mengulang proses ini, maka akan semakin banyak waktu yang terbuang untuk menangkap isi sebenarnya dari informasi tersebut, walaupun dengan mengulang proses ini, kalian dapat lebih menangkap isi dan makna dari informasi untuk mencegah terjadinya mikomunikasi dan kesalahan lainnya yang akan timbul karenanya. Sebagai contoh, kalian mendapatkan sebuah penugasan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang diberikan oleh atasan di kantor, karena kurangnya informasi dan pemahaman yang didapatkan dari penugasan ini, kalian bertanya dan melakukan konfirmasi berulang kepada atasan sebagai pemberi tugas (pemberi informasi), waktu yang dihabiskan untuk bertanya dan melakukan konfirmasi ini akan menambah juga waktu yang kalian butuhkan untuk menyelesaikan penugasan, sehingga apabila kedua hal ini dilakukan sering dan berulang, akan memperlambat penyelesaian pekerjaan dan juga menghambat pencapaian tujuan organisasi.

Demikian tips singkat dari penulis terkait berkomunikasi, sejatinya komunikasi bukanlah hal yang sulit karena komunikasi sudah menjadi suatu hal yang bersifat alamiah pada semua manusia, kita hanya harus menerapkan beberapa pendekatan dan cara yang berbeda untuk menjamin tersampaikannya informasi dan mengerti apa yang ingin disampaikan oleh pemberi informasi.


SUMBER:

Komunikasi UIN Bandung. (2020, June 11). Pengertian Komunikasi. Retrieved from Komunikasi UIN Bandung: https://komunikasi.uinsgd.ac.id/pengertian-komunikasi/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini