Jakarta – Sebagai salah satu unit vertikal di bidang
pelayanan di Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan
Negara, KPKNL Jakarta I terus memberikan pelayanan terbaik kepada para pemangku
kepentingan. Selain itu, maraknya penipuan terkait lelang serta terbatasnya
pemahaman pemangku kepentingan terkait tugas dan fungsi yang ada maka KPKNL
Jakarta I membuat inovasi “JACK ONE PEDIA dan JACK ONE BOT” yang telah
diluncurkan secara daring melalui media zoom kepada seluruh pegawai pada Selasa
(30/11).
JACK
ONE PEDIA merupakan platform One Stop
Sollution untuk meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan terkait layanan
KPKNL Jakarta I dan DJKN yang dikemas dalam bentuk aplikasi desktop dan mobile
yang bersifat explicit knowledge.
Aplikasi JACK ONE PEDIA ini dapat diakses melalui beberapa cara yaitu bisa
melalui laman jackone.valuable.id, versi aplikasi mobile bit.ly/JOPMobile dan
juga tersedia di ruang konsultasi APT KPKNL Jakarta I. Fitur yang ada pada JACK
ONE PEDIA ini meliputi layanan interaktif, modul layanan, glosarium, FAQ
layanan, katalog seksi teknis, peta interaktif dan survey kepuasan. Adanya
inovasi JACK ONE PEDIA ini membuat banyak perubahan dan manfaat, yaitu pemangku
kepentingan dapat mengetahui teknis layanan kapanpun dan dimanapun. Selain itu,
bisa digunakan 24 jam non-stop dan terbuka untuk digunakan khalayak luas. JACK
ONE PEDIA menawarkan informasi layanan seksi teknis, glosarium, FAQ, lingkup
kerja KPKNL, hingga survei kepuasan pengguna layanan.
Sedangkan
JACK ONE BOT merupakan pengoptimalan layanan contact center Whatsapp KPKNL
Jakarta I melalui Whatsapp Business dan BOT balas otomatis menggunakan platform
WhatsAuto. Tersedia 4 fitur pada JACK ONE BOT yaitu M1 (fitur yang digunakan
untuk berkonsultasi secara langsung kepada admin), M2 (fitur yang menyediakan
informasi layanan setiap seksi teknis secara otomatis), M3 (fitur yang
menyediakan tautan untuk pengisian Survei Kepuasan Pengguna Layanan, serta
Portal APT yaitu portal yang berisi tautan buku tamu, Bahan Materi Pelayanan
KPKNL Jakarta I, Jack One Pedia, Jack One Corner yang dapat diakses via
joylink./kpknljakarta1. Beberapa perubahan dalam JACK ONE BOT ini diantaranya
saat ini menggunakan Whatsapp Business agar dapat menyediakan informasi dan
layanan yang lebih berkualitas serta
menyediakan informasi dan katalog layanan. JACK ONE BOT juga bisa digunakan
selama 24 jam non-stop selama terkoneksi
dengan internet. JACK ONE BOT juga memberi kepastian layanan sesuai kebutuhan
pelanggan tanpa perlu menunggu balasan admin. Selain itu juga membuka ruang
saran maupun masukan dan pengaduan serta penilaian pelanggan demi peningkatan
pelayanan.
“Aplikasi
ini sangat bermanfaat baik bagi internal dan eksternal. Dari
sisi internal sangat memudahkan pegawai dalam hal pemberian pelayanan dan
penjelasan terkait layanan yang ada. Pada sisi eksternal pemangku kepentingan
dapat dengan mudah mendapatkan informasi layanan yang ada KPKNL Jakarta I
dengan cepat dan tepat”, pungkas Wildan selaku kepala KPKNL Jakarta I. Secara
umum kedua inovasi ini dapat meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan
melalui JACK ONE PEDIA, meningkatkan respon balasan Contact Center KPKNL
Jakarta I melalui JACK ONE BOT serta mendukung digitalisasi layanan APT. (FMS –
Dok. Seksi HI)