Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta I > Berita
Tingkatkan Pelayanan, KPKNL Jakarta I Luncurkan JACK ONE PEDIA dan JACK ONE BOT
Waode Ernawati Ajasma
Jum'at, 03 Desember 2021   |   294 kali

            Jakarta –  Sebagai salah satu unit vertikal di bidang pelayanan di Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Jakarta I terus memberikan pelayanan terbaik kepada para pemangku kepentingan. Selain itu, maraknya penipuan terkait lelang serta terbatasnya pemahaman pemangku kepentingan terkait tugas dan fungsi yang ada maka KPKNL Jakarta I membuat inovasi “JACK ONE PEDIA dan JACK ONE BOT” yang telah diluncurkan secara daring melalui media zoom kepada seluruh pegawai pada Selasa (30/11).

                JACK ONE PEDIA merupakan platform One Stop Sollution untuk meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan terkait layanan KPKNL Jakarta I dan DJKN yang dikemas dalam bentuk aplikasi desktop dan mobile yang bersifat explicit knowledge. Aplikasi JACK ONE PEDIA ini dapat diakses melalui beberapa cara yaitu bisa melalui laman jackone.valuable.id, versi aplikasi mobile bit.ly/JOPMobile dan juga tersedia di ruang konsultasi APT KPKNL Jakarta I. Fitur yang ada pada JACK ONE PEDIA ini meliputi layanan interaktif, modul layanan, glosarium, FAQ layanan, katalog seksi teknis, peta interaktif dan survey kepuasan. Adanya inovasi JACK ONE PEDIA ini membuat banyak perubahan dan manfaat, yaitu pemangku kepentingan dapat mengetahui teknis layanan kapanpun dan dimanapun. Selain itu, bisa digunakan 24 jam non-stop dan terbuka untuk digunakan khalayak luas. JACK ONE PEDIA menawarkan informasi layanan seksi teknis, glosarium, FAQ, lingkup kerja KPKNL, hingga survei kepuasan pengguna layanan.

                Sedangkan JACK ONE BOT merupakan pengoptimalan layanan contact center Whatsapp KPKNL Jakarta I melalui Whatsapp Business dan BOT balas otomatis menggunakan platform WhatsAuto. Tersedia 4 fitur pada JACK ONE BOT yaitu M1 (fitur yang digunakan untuk berkonsultasi secara langsung kepada admin), M2 (fitur yang menyediakan informasi layanan setiap seksi teknis secara otomatis), M3 (fitur yang menyediakan tautan untuk pengisian Survei Kepuasan Pengguna Layanan, serta Portal APT yaitu portal yang berisi tautan buku tamu, Bahan Materi Pelayanan KPKNL Jakarta I, Jack One Pedia, Jack One Corner yang dapat diakses via joylink./kpknljakarta1. Beberapa perubahan dalam JACK ONE BOT ini diantaranya saat ini menggunakan Whatsapp Business agar dapat menyediakan informasi dan layanan yang  lebih berkualitas serta menyediakan informasi dan katalog layanan. JACK ONE BOT juga bisa digunakan selama 24 jam non-stop  selama terkoneksi dengan internet. JACK ONE BOT juga memberi kepastian layanan sesuai kebutuhan pelanggan tanpa perlu menunggu balasan admin. Selain itu juga membuka ruang saran maupun masukan dan pengaduan serta penilaian pelanggan demi peningkatan pelayanan.

                “Aplikasi ini sangat bermanfaat baik bagi internal dan eksternal. Dari sisi internal sangat memudahkan pegawai dalam hal pemberian pelayanan dan penjelasan terkait layanan yang ada. Pada sisi eksternal pemangku kepentingan dapat dengan mudah mendapatkan informasi layanan yang ada KPKNL Jakarta I dengan cepat dan tepat”, pungkas Wildan selaku kepala KPKNL Jakarta I. Secara umum kedua inovasi ini dapat meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan melalui JACK ONE PEDIA, meningkatkan respon balasan Contact Center KPKNL Jakarta I melalui JACK ONE BOT serta mendukung digitalisasi layanan APT. (FMS – Dok. Seksi HI) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini