Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta I > Artikel
Meningkatkan Motivasi Kerja Pada Diri
Fia Malika Sabrina
Kamis, 21 Desember 2023   |   84 kali

            Seseorang yang biasa melakukan rutinitas suatu pekerjaan secara berulang-ulang, dalam waktu lama dan lingkungan yang tidak menyenangkan bisa mengakibatkan motivasi kerja pada seseorang tersebut menjadi menurun bahkan seseorang bisa mengalami demotivasi kerja. Demotivasi disebabkan bukan hanya karena kurangnya motivasi tetapi juga karena situasi tertentu yang menyebabkan ketidakpuasan dan mengecilkan hati seseorang dalam mencapai tujuan.

                Motivasi adalah proses manajemen untuk mempengaruhi perilaku berdasarkan pada pengetahuan tentang apa yang membuat seseorang bertindak. Sedangkan motivasi kerja adalah sekumpulan keadaan kebutuhan individu yang diperlukan dipuaskan dan oleh karena itu mendorong, memicu, dan menyebabkan individu melakukan serangkaian pekerjaan

Seseorang yang motivasi kerjanya menurun juga mengakibatkan produktivitasnya menurun. Sebelum hal itu terjadi, ikuti beberapa hal sebagai berikut:

1.       Cari tahu penyebabnya

Apabila seseorang sedang mengalami demotivasi, perlu dicari tahu penyebabnya. Penyebab yang paling banyak dialami seseorang biasanya karena sedang ada permasalahan dari dalam keluarga yang menyebabkan hal tersebut mengganggu pekerjaan, konflik antara rekan kerja atau atasan, tekanan dari suatu pekerjaan atau bahkan karena bosan dengan pekerjaannya.

2.    Melakukan Interaksi

Berinteraksi dengan orang lain atau bahkan kita bisa melakukan keluh kesah kita kepada orang yang kita percaya atau yang membuat kita nyaman dapat mengembalikan mood dalam diri kita.

 

3.    Cukup Istirahat

Salah satu penyebab motivasi kita menurun bahkan sampai mengalami demotivasi  adalah tubuh kita merasa Lelah bahkan kurang tidur sehingga yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki diri kita, beristirahat sejenak merilekskan diri dan mungkin anda bisa mengambil cuti kerja untuk beristirahat.

 

4.    Menghindari Hal Negatif di Lingkungan Kerja

Pada suatu lingkungan pasti ada dampak positif dan dampak negatif. Kita harus dapat memilah mana yang baik untuk diri kita dan mana yang harus kita hindari. Apabila dirasa dalam lingkungan tersebut berpengaruh buruk bahkan sampai merasa terganggu, cukup batasi diri pada lingkungan tersebut.

 

5.    Lakukan Sesuatu yang Baru

Salah satu yang membuat motivasi kita menurun adalah rasa bosan. Hal ini bisa diantisipasi dengan lakukan sesuatu hal yang baru dari cara kita bekerja atau menciptakan inovasi-inovasi baru dan menantang sehingga membuat kita terpacu kembali.

 

6.    Berikan Self Reward

Tidak ada salahnya kita memanjakan diri kita sendiri atas hasil yang telah kita capai. Lakukan hal-hal yang membuat anda senang. Bisa membaca buku, menonton, atau berlibur.

 

7.    Lakukan Olahraga secara Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membuat tubuh kita sehat dan pikiran menjadi segar. Tidak hanya itu, kita juga bisa lebih mengontrol mood Ketika kita rajin berolahraga.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini