Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta I > Artikel
Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital
Fia Malika Sabrina
Jum'at, 30 Juni 2023   |   2125 kali

Di era digital seperti saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan canggih. Dengan hadirnya gawai atau ponsel pintar yang bisa digunakan untuk apa saja, sehingga penggunaannya tidak bisa di hindari dan kini terasa begitu vital. Selain digunakan untuk berkomunikasi, ponsel pintar kini banyak digunakan untuk menghimpun informasi, dokumentasi, transaksi, transportasi, sampai dengan kebutuhan rekreasi dapat terpenuhi lewat satu buah ponsel pintar. Hal ini membuat intensitas penggunaan ponsel pintar menjadi semakin meningkat  baik anak – anak maupun orang dewasa.

Namun, dampak dari penggunaan gawai yang terlalu sering dapat menimbulkan Computer Vision Syndrome. Di lansir dari website kemenkes.go.id (12/06/2023), yang dimaksud dengan Computer Vision Syndrome adalah sekumpulan gejala pada mata dan leher yang disebabkan oleh penggunaan komputer/layar monitor yang berlebihan. Gejala ini biasanya meliputi nyeri pada leher dan mata.

Gejala yang dialami oleh penderita CVS:

·Mata menjadi buram

·Nyeri kepala

·Iritasi mata

·Penglihatan menjadi ganda

·Mata merah & kering

Efek tersebut akan menjadi berbahaya jika terus di biarkan. Sehingga kita harus mulai menjaga Kesehatan mata dengan beberapa tips yang bisa di terapkan, diantaranya:

·         Gunakan gawai maksimal 2 jam dan jaga jarak minimal 40-50 cm

·         Kurangi tingkat kecerahan layar

·         Bila menggunakan gawai lebih 2 jam secara terus menerus maka terapkan Rumus 20-20-20 atau dengan relaksasi mata

·         Rumus20 : 20 : 20

Setiap 20 menit menatap layar gawai, istirahatkan mata selama 20 detik, pandanglah benda berjarak 20 kaki atau sekitar 6 m

·         Relaksasi mata

dengan menggosok-gosok kedua tangan lalu letakkan hangatnya tangan diatas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis anda.

 

Selain tips di atas, kita harus mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel, bayam, manga dll. Sehingga kesehatan mata dan kesehatan seluruh tubuh akan tetap terjaga karena kandungan vitaminnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.


Penulis : Inawati KPKNL Jakarta I

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini