Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta I > Artikel
Lakukan Tips Berikut Agar Tetap Semangat Bekerja di Saat Puasa
Fia Malika Sabrina
Jum'at, 31 Maret 2023   |   2937 kali

Bulan Ramadhan telah tiba, saatnya umat islam menjalankan ibadah Ramadhan dengan berpuasa. Pada sebagian orang, bekerja disaat puasa merupakan sebuah tantangan tersendiri. Karena mereka merasa lebih lemas dari hari-hari biasanya. Namun sebaliknya, justru ada juga sebagian orang yang bekerja di bulan puasa justru menambah semangat dalam bekerja dan merasa lebih efektif. Hal ini dikarenakan rutinitas sehari-hari seperti kebiasaan makan, tidur, ibadah dan kegiatan lain berubah selama di bulan puasa.

            Nah jangan khawatir, untuk menjaga kebugaran selama bekera, yuk lakukan tips berikut!

1.      Sahur dan Berbuka yang Cukup

Saat sahur dan berbuka adalah waktu untuk mengisi energi kita. Makanlah makanan yang mengandung vitamin seperti mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Pada saat sahur, makan secukupnya, bukan berarti saat mengisi energi kita makan berlebihan, karena makan berlebihan dapat membuat kita menjadi kekenyangan dan berakibat mengantuk. Sedangkan jika kita mengantuk kita akan tidak merasa bugar di pagi harinya. Selain itu, hindari makanan yang terlalu berminyak di saat sahur dan makanan manis. Karena hal itu dapat membuat kita menjadi

 

2.      Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup akan mempengaruhi keseharian kita. Hindari pola tidur begadang disaat puasa, karena akan semakin membuat tubuh kita menjadi lemas. Setelah sahur, sebaiknya tidak disarankan untuk tidur lagi namun gunakan dengan mempersiapkan keseharianmu. Agar pikiran dan badan menjadi lebih tenang dan segar.

 

3.      Hindari Kafein di Bulan Puasa

Mengonsumsi kafein memang sangatlah nikmat, apalagi kafein dikenal bisa menghilangkan rasa kantuk. Namun karena kita tidak bisa mengonsumsi kafein disaat siang hari karena puasa, maka tidak disarankan mengonsumsi kafein disaat sahur dan berbuka. Hal itu nantinya bisa menimbulkan permasalahan pada lambung.

 

4.        Sempatkan Waktu untuk Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita salah satunya membuat tubuh kita menjadi segar. Pada saat Bulan Puasa, sesuaikan intensitasnya sesuai pada kemampuan masing-masing ya. Jangan sampai justru badan kalian menjadi pegal-pegal setelah melakukan olahraga.

 

5.        Atur Rencana Harianmu

Kalian bisa membuat to-do list terhadap pekerjaan yang akan kamu lakukan dalam hari itu agar kerjaan kalian tidak menumpuk. Jangan sampai dibulan puasa ini nantinya kerjaan kalian menjadi tidak selesai dan membuat kalian harus lembur ya, karena itu pastinya membuat kalian menjadi lebih lelah.

 

6.      Lakukan Hal yang Menyenangkan di Waktu Senggang

Melakukan me time dapat meningkatkan mood kalian lho sehingga kalian akan enjoy menjalankan kegiatan sehari-hari walau dengan berpuasa. Jika ada waktu senggang jangan lupa lakukan me time ya seperti membaca buku, pergi ke salon atau mungkin main games, tapi ingat di waktu senggang ya!

 

       Nah itu dia tips yang bisa kalian lakukan disaat puasa agar tetap semangat bekerja dan juga semangat dalam beribadah puasanya. Jangan sampai puasa menjadikan pekerjaanmu menjadi tidak selesai ya. Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap semangat dalam bekerja!

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini