Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta I > Artikel
Dasyatnya Manfaat Briefing
Fia Malika Sabrina
Senin, 05 September 2022   |   135007 kali

              Setiap organisasi memiliki suatu goals (tujuan) yang harus dikerjakan seseorang baik secara individu maupun kelompok. Tujuan organisasi ini dapat dicapai apabila dapat terjalin kerjasama yang baik antar kelompok. Dibalik kerjasama yang baik, pasti memiliki komunikasi yang baik. Oleh karena itu, salah satu bentuk komunikasi yang biasa digunakan sering kita dengar dengan sebutan briefing. Briefing adalah memberikan penjelasan-penjelasan secara singkat atau pertemuan untuk memberikan penerangan secara ringkas. Biasanya briefing digunakan oleh para manajer atau pimpinan yang mengundang para karyawan atau tokoh-tokoh karyawan untuk menerima penjelasan penjelasan tertentu. Pada prinsipnya pengarahan yang dilakukan adalah pengarahan yang ada kaitannya dengan pelaksanaan tugas sesuai dengan tujuan organisasi (R. Wayne dan Faules, 2005).

                Melakukan briefing walau dengan waktu yang terbatas, apabila dilakukan dengan konsisten dapat memberikan dampak positif. Baik untuk mencapai tujuan maupun hubungan antar sumber daya manusia.

Manfaat Briefing

1.       Menjalin Komunikasi yang Baik Antar Karyawan

Melalui komunikasi yang dilakukan saat briefing dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Selain itu antar tim juga dapat memberikan masukan atau solusi satu sama lain. Terlebih apabila komunikasi yang dilakukan melalui tatap muka atau langsung, akan lebih baik daripada melalui digital. Karena jika terbatas melalui digital, dapat menimbulkan perbedaan persepsi dari pesan yang disampaikan. Sehingga justru membuat situasi menjadi lebih buruk.

2.       Membangun Semangat Kerja

Sebelum memulai bekerja, orang akan dihadapkan dalam situasi yang berbeda-beda. Dimana situasi tersebut dapat mempengaruhi suasana hati. Oleh karena itu dengan melakukan briefing yang disertai dengan ice breaking atau yel-yel dapat membuat suasan lebih segar.

3.       Membina Keakraban dan kekompakan

Kekompakan akan terjadi apabila setiap orang saling berinteraksi. Sehingga orang yang saling merasa dekat dan kompak, akan timbul motivasi dan memiliki semangat tersendiri dalam menyelesaikan tugasnya.

4.       Menyatukan Visi dan Presepsi

Setiap orang walau dengan latar belakang yang sama, umur yang sama, pekerjaan yang sama, memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyelesaikan pekerjaan. Begitu juga terhadap visi dan presepsi setiap orang juga berbeda. Untuk itu diperlukan suatu wadah guna menyamakan presepsi tersebut, salah satunya dengan melakukan briefing.

5.       Sebagai Sarana Evaluasi Singkat dan Pertukaran Informasi.

Melalui agenda briefing ini dapat meminimalkan waktu apabila memiliki sedikit evaluasi yang perlu disampaikan tanpa harus menunggu agenda rapat. Selain itu, pertukaran informasi perkembangan pekerjaan juga dapat dilakukan guna efisiensi waktu.

 

Tujuan Briefing

1.       Memberikan pengarahan tentang kinerja karyawan supaya tetap sesuai dengan visi dan misi,

2.       Mengingatkan para karyawan agar selalu menerapkan standar operasional prosedur disetiap pekerjaan yang dilakukan,

3.       Menyampaikan informasi-informasi yang dianggap penting dalam melaksanakan pekerjaan,

4.       Menyamakan dan meberitahu pemikiran dari pimpinan kepada para karyawan. Sehingga para karyawan sejalan dengan pemikiran pimpinan.

Selain itu, menurut beberapa penelitian bahwa melakukan briefing pada pagi hari dapat berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan, dimana 97

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini