Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta I > Artikel
Diam Tertinggal, Bergerak Menuju Era 4.0
Fia Malika Sabrina
Kamis, 30 Juni 2022   |   2564 kali

Berbicara terkait teknologi, seperti yang kita ketahui saat ini teknologi terus berkembang dan semakin canggih. Dalam segala sektor, perkembangan teknologi yang kian pesat memang sangat dibutuhkan. Namun, adanya teknologi yang semakin modern ini kita harus memanfaatkannya dengan cerdas, sehigga dapat membantu kita dalam mengembangkan potensi. Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari kita dimana kita tidak bisa lepas dari teknologi, kita memesan makan melalui aplikasi gojek atau grab dan membayarnya lewat e-wallet, sekarang kita berbelanja sudah mulai melalui market place, dan masih banyak lagi.

Agar dapat memanfaatkan teknologi yang ada selaras dengan tujuannya yaitu memudahkan kita dalam kegiatan sehari-hari, manusia juga dituntut agar bisa adaptasi secepat mungkin agar tidak tertinggal. Lantas bagaimana cara kita agar cepat beradaptasi da tidak tertiggal dengan adanya teknologi yang semakin canggih? Simak berikut ini!

 

Manfaat Teknologi Informasi Bagi Manusia

1.      Kecepatan: waktu tidak lagi menjadi kendala dalam komunikasi

2.      Kejelasan: Dengan gambar megapiksel dan video, serta kejelasan audio dalam komunikasi telah menjadi pengalaman yang tidak pernah ada sebelumnya

3.      Kedekatan: kemajuan teknologi telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih kecil untuk di tinggali

4.      Penyebaran: penyebaran informasi, penyiaran berita, atau berbagi pengetahuan, teknologi telah membuatnya menjadi lebih cepat, lebih mudah, dan lebih singkat.

5.      Penyimpanan data lebih aman karena kita menyimpannya dengan flasdisk dengan kapasitas besar (sekarang satuan Terra), CD dan yang paling mudah dan aman, karena fasilitas ini dapat kita upload ataupun download setiap saat.

 

Kendala pada Teknologi Informasi

1. Biaya yang tinggi

2. Penguasaan Teknologi yang lambat

3. Dampak sosial yang ditimbulkan

 

Upaya Beradaptasi dengan Teknologi

1.      Ciptakan Budaya Perubahan

Penggunaan teknologi yang lebih canggih akan memudahkan serta menghemat waktu. Adaptasi ini bisa dimulai dengan menggunakan platform yang mampu menjadi pusat kontrol.

2.      Pahami Teknologinya

Sumber daya manusia adalah aspek paling penting dalam sebuah perusahaan. Sumber daya yang berkualitas akan lebih mudah beradaptasi dengan teknologi baru ataupun cara-cara baru yang diterapkan untuk menghadapi kompetitor yang lebih unggul.

3.      Lakukan evaluasi dan pengoptimalan

Evaluasi tersebut bisa dilakukan setiap bulan, 3 bulan atau bahkan setiap 6 bulan. Ukur bagaimana dampaknya terhadap karyawan dan perusahaan. Hasil dari evaluasi ini dapat Anda gunakan untuk perbaikan atau inovasi kedepannya.

 

 

Sumber :

https://bpsdmd.ntbprov.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Teknologi-dan-aktivitas-dalam-kehidupan-manusia.pdf

https://sisi.id/stories/life-at-sisi/3-upaya-beradaptasi-dengan-teknologi-dalam-era-disrupsi/

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini