Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
Potensi Lelang UMKM di Kabupaten Majalengka
Rohman Juani
Kamis, 13 April 2023   |   328 kali

Majalengka – Dengan jumlah penduduk 1,211 juta lebih, Majalengka menjadi salah satu tempat yang memiliki potensi UMKM yang besar. Kamis (13/04), Tim Lelang UMKM KPKNL Cirebon melaksanakan penggalian potensi dengan melaksanakan penggalian potensi lelang pada Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Majalengka.

Suwadi Tristiyawan, Kepala Seksi Piutang Negara menjelaskan kedatangan Tim Lelang UMKM terkait koordinasi penggalian potensi lelang di Majalengka. Adapun rencana kedepannya akan mengeksplore lebih dalam lagi produk-produk apa yang menarik untuk ikut dalam lelang UMKM.

Pejabat Lelang Ahli Pertama, Iman Santoso menambahkan lelang UMKM ini bertujuan agar produk UMKM naik kelas. Seperti hal nya marketplace produk UMKM akan diunggah di portal lelang.go.id dan siapapun bisa untuk melihat. Dengan mengikut lelang UMKM, produk akan semakin dikenal oleh khalayak umum.

Mediator Hubungan Industrial Ahli Muda Bidang Usaha Kecil Menengah, Indra Takariyanto menyampaikan bahwa sentra UMKM di Majalengka terbilang banyak, seperti kerajinan rotan dan bambu, komunitas desa putri dalem yang membuat kerajinan alat musik dari bambu, kerajinan perabotan rumah di Luwimunding, produk fashion dan kripik di Cikijing, produk ikan bandeng presto, dan perkebunan mangga gincu.

“Pada desember dan awal Januari kami kewalahan dengan banyaknya permintaan konsumen atas durian lokal di Majalengka, bahkan kita buat festival durian di kala itu. Di Majalengka juga terkenal dengan Kopi yang sudah sejak zaman Belanda sudah ada” ujar beliau.

Kegiatan dilanjutkan dengan melihat bazar UMKM yang diselenggarakan di Gelanggang Generasi Muda Majalengka.

Diharapkan dengan adanya koordinasi antara KPKNL Cirebon dengan Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Majalengka maka produk UMKM di Majalengka dapat ikut serta dalam program lelang UMKM.

#AyoIkutLelang #ProdukUMKM #KPKNLCirebon #KPKNLCirebonWBBM2024

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 48 Cirebon - 45122
(0231) 202513
(0231) 238773
kpknlcirebon@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini