Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Artikel
Penyewaan Crane KAI dalam Rangka Optimalisasi Pemanfaatan BMN
Rohman Juani
Senin, 12 Juni 2023   |   179 kali

Sewa merupakan salah satu bentuk pemanfaatan BMN, disamping bentuk pemanfaatan lainnya seperti Pinjam Pakai, Kerja Sama Pemanfaatan, Bangun Guna Serah atau Bangun Serah Guna, dan Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur. Pemanfaatan BMN dalam bentuk sewa dilakukan dengan bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan BMN yang belum atau tidak digunakan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintah negara, dan untuk mencegah penggunaan BMN oleh pihak lain secara tidak sah. Pemanfaatan sewa BMN dilakukan selagi memberikan manfaat ekonomi bagi pemerintah ataupun masyarakat. Objek yang dapat disewakan yaitu berupa tanah dan/atau bangunan, dan selain tanah/bangunan misalnya seperti kendaraan, serta peralatan dan mesin yang dapat disewakan, dan termasuk aset tak berwujud seperti software komputer, lisensi, francise, hak cipta, hak paten, hak lainnya dan hasil kajian atau penelitian.

Salah satu contoh sewa selain tanah dan bangunan adalah Moveable Crane (Tadano) Kereta Api milik Balai Perawatan Perkeretaapian yang berada di Gudang Prasarana Perkeretaapian Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Mobile crane (derek bergerak) adalah salah satu alat yang berfungsi untuk mengangkat atau menurunkan material dengan beban berat dan memindahkannya secara horizontal. Fungsi mobile crane dapat menjadi pilihan efektif bagi perusahaan konstruksi karena prinsip dasar alat gerak yang dapat memudahkan proses perpindahan material dengan jarak pendek serta juga dapat menjadi komponen pendukung dalam membuat tower crane atau derek jangkung. Jenis derek ini juga dinilai efisien dikarenakan tidak memerlukan terlalu banyak biaya untuk tambahan alat khusus.

Moveable Crane (Tadano) ini sudah tidak terpakai lagi, oleh sebab itu crane ini dimanfaatkan dengan cara disewakan tanpa mengganggu pelaksanaan tugas serta fungsinya pada operasional KAI dan agar lebih optimal dalam pemanfaatan BMN. Moveable Crane (Tadano) tersebut merupakan salah satu Sarana Perkeretaapian Milik Negara, dan memiliki kapasitas angkut seberat 12 Ton yang digunakan untuk membantu mengangkat dan memindahkan peralatan di gudang, mengangkat material pembangunan, perbaikan jalan kereta api, ataupun untuk mengevakuasi kerta api. Tim Balai Perawatan Perkeretaapian juga rutin melakukan kegiatan perawatan pada Moveable Crane (Tadano), yang bertujuan agar sarana berfungsi sebagaimana mestinya dan layak beroperasi. Crane ini dapat dimanfaatkan dengan disewakan kepada Badan Usaha Milik Negara/Daerah/Desa, unit penunjang kegiatan penyelenggaraan pemerintah, perorangan, dan badan usaha lainnya.

Dengan adanya pemanfaatan BMN ini diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi BMN dengan sebaik-baiknya dan dapat memanfaatkan BMN demi meningkatkan PNBP.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini