Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Kilas Peristiwa
Pengajian Bulanan: Niat yang Tulus, Bekerja dengan Ihsan dan Amanah
Arif Septian Prabowo
Kamis, 14 Maret 2019   |   2213 kali

Bogor Musholla Al Ikhlas Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor menggelar kegiatan Pengajian Bulanan perdana di tahun 2019 pada Rabu (13/03) yang diikuti oleh para pejabat, pegawai dan pegawai on the job training (OJT) pada KPKNL Bogor. Rencananya, pengajian bulanan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap satu bulan sekali  dengan mengangkat tema dan menghadirkan narasumber yang berbeda-beda.

Kepala KPKNL Bogor, Selo Tarnando dalam sambutannya menyampaikan kepada para pegawai tentang pentingnya mengikuti kajian ilmu agama di sela-sela kesibukan menyelesaikan tantangan pekerjaan, salah satunya adalah untuk merecharge keimanan. Dengan mengikuti kajian rutin, Selo berharap para pegawai dapat meningkatkan ukhuwah atau rasa persaudaraan dalam keluarga besar KPKNL Bogor serta mendapatkan pencerahan dan kiat-kiat dalam bekerja agar dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diemban dengan  sebaik-baiknya.

Bertindak sebagi narasumber adalah Muchammad Wachid Romadlon, Lc., M.A., beliau adalah  Dosen Pendidikan Agama Islam, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan merupakan lulusan S2 Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Dalam tausiyahnya yang singkat dengan mengangkat tema “Etos Kerja Muslim” beliau menyampaikan bahwa pada intinya, etos kerja yang harus dimiliki oleh seorang muslim ada tiga yakni bekerja dengan niat yang tulus untuk mendapatkan ridho Allah SWT, bekerja dengan semangat ihsan (tuntas/profesional) dan bekerja dengan amanah.

Dalam penjelasannya, ustadz Wachid menyampaikan bahwa dalam bekerja, harus diawali dengan niat. Niat yang tulus dalam bekerja adalah untuk mendapat ridho Allah SWT, karena dengan niat maka pekerjaan yang dilaksanakan bernilai ibadah. Selanjutnya, terkait dengan etos kerja ihsan dan amanah, beliau mencontohkan bahwa pegawai KPKNL Bogor sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus melayani masyarakat dengan tuntas/profesional sesuai bidang tugas masing-masing dan melaksanakan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya serta penuh rasa tanggung jawab.

Sesaat menjelang adzan dzuhur berkumandang, tausiyah ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Ustadz Wachid dilanjutkan dengan shalat dzuhur berjamaah. (Teks/Foto: Bowo/Sodi, Seksi HI KPKNL Bogor).

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini