Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Berita
BBPK Ciloto Buka Sewa Penginapan untuk Umum
Muhammad Affid Diena
Senin, 22 Agustus 2022   |   1372 kali

Kamis (11/08), KPKNL Bogor melakukan evaluasi kinerja (portofolio) Barang Milik Negara (BMN) pada Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto. Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), Wifda Indriyani didampingi dua staf/pelaksana yaitu Neneng Nurrohmah dan Eka Riana Sari hadir mewakili KPKNL Bogor selaku pengelola BMN. Setibanya di lokasi, tim disambut oleh Subkoordinator Keuangan BMN BBPK Ciloto, Sutiyat, S.E., Analis BMN Iis Mulyani, bersama dengan Engkus Rustaman di ruang rapat lantai 1.

Pada kesempatan tersebut, Indriyani yang kerap dipanggil Iin menyampaikan tujuan kedatangan Tim KPKNL Bogor yaitu selain untuk mengukur kinerja BMN, juga dalam rangka konfirmasi data Standar Barang Standar Kebutuhan (SBSK), pemetaan potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak, serta monitoring proses Sertifikasi BMN pada BBPK Ciloto. Gayung bersambut, Sutiyat kemudian menyampaikan data-data serta permasalahan pengelolaan BMN di satuan kerjanya. “Sejauh ini tidak ada kendala yang signifikan terkait pengelolaan BMN pada BPPK Ciloto, hanya masih terdapat Rumah Dinas yang perlu diperpanjang Surat Izin Penghuniannya,” ujarnya.

Usai melakukan koordinasi dan diskusi di ruang rapat, Tim KPKNL Bogor selanjutnya melakukan peninjauan langsung atas aset BMN Tanah dan Bangunan. Beberapa BMN yang dikunjungi langsung yaitu Bangunan Kantor, Asrama Diklat, Ruang Auditorium, Wisma, serta perpustakaan. Seluruh bangunan tersebut berdiri di atas hamparan tanah seluas kurang lebih 6,5Ha.

Ada satu informasi menarik dari kegiatan evaluasi kinerja BMN ini, yaitu beberapa bangunan pada BBPK Ciloto tidak hanya digunakan untuk pelatihan internal di Kementerian Kesehatan, namun juga terbuka untuk disewakan kepada masyarakat umum. “Beberapa bangunan seperti wisma dan asrama memang dimungkinkan untuk disewakan, dengan catatan apabila sedang kosong (tidak ada pelatihan atau kegiatan),” ucap Sutiyat. “Kami juga pernah menyewakan Ruang Auditorium untuk acara pernikahan. Salah satu asrama kami dahulu juga sempat digunakan untuk karantina saat awal masa Pandemi Covid19.” Sutiyat menambahkan.

Iin sangat mengapresiasi upaya dan antusiasme BPPK Ciloto terutama dalam mengelola BMN-nya. “Kami selaku pengelola sangat berterima kasih atas sinergi dan kerja sama BBPK Ciloto. terutama Bu Iis selaku Penatausaha BMN, yang sangat tertib dalam melakukan inventarisasi BMN,” ujarnya.

Nah, bagi Anda yang ingin melepas penat di area Puncak namun kesulitan memperoleh penginapan, wisma dan asrama BBPK Ciloto bisa menjadi pilihan. Dengan besaran sewa berkisar antara Rp155.000,- sampai dengan Rp660.000,- (tergantung jenis kamar dan unitnya), Anda dapat menikmati pemandangan alam dari ketinggian, serta beberapa fasilitas seperti lapangan, perpustakaan, maupun camping ground. Untuk informasi lebih lanjut, silakan buka laman bbpkciloto.or.id atau kunjungi langsung Kantor BBPK Ciloto di Jalan Raya Puncak Ciloto, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bagaimana, menarik bukan?

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini