Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Kilas Peristiwa
Kemeriahan Rangkaian Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia Ke 71 Tahun 2017
Reimon Jhoni Siahainenia
Rabu, 01 November 2017   |   331 kali

Ambon - KPKNL Ambon mengikuti upacara memperingati Hari Oeang RI ke 71, Senin (30/10/2017). Upacara memperingati detik-detik beredarnya ORI (Oeang Republik Indonesia) sebagai mata uang yang sah RI tanggal 30 Oktober 1946 ini sekaligus merupakan hari lahirnya Kementerian Keuangan yang dilaksanakan oleh Instansi Kementerian Keuangan yang ada di Kota Ambon. 

Upacara yang berlangsung di lapangan upacara Gedung Keuangan Negara, Jalan Raya Pattimura Ambon ini bertema, “Kerja Nyata Membangun Negeri”. Kepala Kantor Wilayah Perbendaharaan Provinsi Maluku Sudarmanto yang juga menjabat sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Maluku bertindak sebagai Pembina Upacara.

Melalui Sambutannya yang dibacakan Pembina Upacara, Menteri Keuangan mengharapkan kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan agar mampu membangun Kementerian yang kompeten, profesional dan berintegritas untuk menjaga, mengelola, dan membangun Keuangan Negara yang sehat, kuat dan berkelanjutan.

Kementerian Keuangan harus menjaga komitmen kuat untuk memelihara kepercayaan rakyat dalam memenuhi janji republik dengan pengelolaan APBN yang kredibel, efektif, dan berdaya guna. Selain itu diharapkan untuk jajaran Kementerian Keuangan dapat melaksanakan tugas dengan profesional, kompeten, teliti, sehingga penerimaan negara dapat tercapai, namun perekonomian tetap dapat terjaga momentum pemulihannya, juga diharapkan agar tetap santun dan melayani dengan tulus serta penuh pengabdian. 

Pada penghujung upacara, dianugerahkan Piagam Satya Lencana Karya Satya kepada Pegawai Kementerian Keuangan RI yang telah mengabdikan diri masing-masing selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Hal menarik lain dalam upacara Peringatan Hari Oeang ke 71 ini adalah seluruh pejabat menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia sehingga tercermin Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika, namun terpadu dalam keserasian yang indah dan harmoni.

Berikut rangkaian peringatan Hari Oeang RI ke 71 Tahun 2017 di Kota Ambon yang telah berlangsung sebulan penuh yang diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan dan pertandingan, yakni Gaple, Catur, Tenis Meja, Volly, karaoke dan senam poco-poco yang diikuti semua instansi Kementerian Keuangan yang ada di kota Ambon. Sementara kegiatan Jalan santai diikuti keluarga besar Pegawai Kementerian Keuangan, bersinergi dengan berbagai stakeholders seperti maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Pegadaian, seluruh lembaga asuransi, termasuk Perbankan yang ada di Kota Ambon.

(Seksi HI; Rei Jhon Siahainenia)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini