Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Artikel
Persaingan Kerja di Kantor ? Tidak Masalah !
Kevin Dzikri Faisal
Jum'at, 04 November 2022   |   2134 kali

Dalam dunia kerja kantoran, tentunya kalian tidak bisa menghindar dengan namanya persaingan. Meskipun berstatus sebagai sesama pegawai dengan dalih “teman kerja” ataupun “rekan kerja” faktanya hal sangat lumrah terjadi yang namanya persaingan sesama rekan sekantor sendiri. Sebenernya sih sah-sah aja ya namanya persaingan itu, tapi yang perlu diingat dan digarisbawahi JANGAN PAKE CARA KOTOR UNTUK MENJATUHKAN REKANMU ya kawan-kawan !

Kalian harus mengetahui dan menyadari bahwa memang persaingan dalam dunia kerja itu hal yang biasa. Hal seperti itu pasti ada di setiap kantor manapun. Untuk itu, siap atau tidak, tangguh atau tidak, sadar atau tidak, persaingan secara otomatis menjadi “bumbu-bumbu” dalam dunia perkantoran yang harus kita hadapi dan terima.

Meski demikian jika mampu melihat dari sudut pandang yang positif, sebuah kompetisi sangat diperlukan agar dapat meningkatkan kinerja dari masing-masing pegawai. Tapi kebanyakan orang justru melihatnya dengan perasaan takut dan benci terhadap persaingan di dunia kerja. Perasaan takut dan benci adanya persaingan biasanya dapat timbul dari berbagai faktor, misalnya dari faktor diri sendiri yang merasa skill yang masih rendah, tidak bisa bersaing dengan rekan kantor, merasa dikucilkan maupun memang dari faktor rekan kerja yang bertipe “penjilat” dan lain-lain. Nah jika kalian merasa seperti itu, kali ini penulis coba bagikan sedikit tips agar kalian tidak perlu takut dan benci lagi akan namanya persaingan dalam dunia kerja, check this out:


1.    1. Tanamkan pada diri kalian bahwa sebenernya banyak dampak positif dari persaingan.

Yakinkan pada diri anda bahwa setiap persaingan dalam dunia kerja itu merupakan sesuatu yang baik, tidak hanya untuk kantor tapi juga untuk pribadi kalian. Kantor tentunya dapat mengambil manfaat dengan persaingan kerja ini dimana para pegawai akan lebih giat dalam meningkatkan kualitas kerjanya. Sedangkan untuk pribadi kalian tentunya persaingan juga bermanfaat dimana kita akan meningkatkan kemampuan diri kita dalam bekerja agar nantinya tidak tersingkir oleh namanya persaingan. 

2.  2.   Fokus pada pengembangan kemampuan diri sendiri.

Faktor utama penyebab orang takut dengan persaingan adalah rasa tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Untuk itu, tidak ada kata lain selain kalian fokus untuk pengembangan kemampuan diri kalian. Salah satu cara kalian meningkatkannya adalah fokus pada keunggulan keterampilan yang kalian miliki, tidak perlu memikirkan atau mencemaskan orang lain.

Persiapkan diri kalian sebaik dan sematang mungkin, ini merupakan satu hal yang harus dilakukan, ketahui apa keunggulan kalian dengan menempatkan diri sebagai orang lain. Siapkan langkah untuk menonjolkan potensi kalian. Untuk kekurangan yang ada pada diri kalian, pikirkanlah solusi untuk mengatasinya, dan dari sini kalian akan bisa memilih persaingan kerja mana yang bisa diatasi dan dihadapi sehingga tidak pusing untuk meladeni semua tantangan. 

3.   3.  Kenali lebih dalam sifat dan karakter rekan kerjamu.

Tak perlu langsung benci dengan rekan kerjamu yang bertipe senang menjatuhkan kalian maupun orang lain. Lebih baik kalian mempertanyakan kenapa rekan kerjamu bisa mempunyai sifat itu terhadapmu, lalu berpikirlah positif bahwa mungkin memang rekan kerjamu itu hanya iri kepada kalian, karena kemampuan kalian lebih diatas daripada rekan kerjamu itu. Karena pada dasarnya sifat iri orang hanya timbul karena ada kekurangan dari pihak yang merasa iri karena tidak bisa mengatasi kekurangan tersebut, munculah perasaan itu.

4.    4. Tetap tenang dan elegan terhadap rekan kantor yang berniat menjatuhkan kalian.

Orang-orang yang mempunyai niat untuk menjatuhkan kalian biasanya tega melakukan berbagai cara agar orang-orang menjadi tidak suka dengan kalian. Bukan hal yang tidak mungkin rekan kerjamu itu tega menyebarkan gosip maupun fitnah kepada orang-orang demi menjatuhkan kalian. Saat itu terjadi, tetaplah tenang dan hadapilah dengan elegan, tegurlah dia namun jika dia tidak merasa bersalah atau introspeksi diri kalian cukup fokus pada pekerjaan dan jadilah yang terbaik dari diri kalian. Pada akhirnya orang-orang juga akan mampu menilai sendiri bahwa gosip-gosip buruk tentangmu hanyalah sekedar rumor belaka.


Nah, menghadapi permasalahan persaingan kerja di kantor itu tetap ada solusinya ko.. ya semoga 4 tips dari penulis ini mampu sedikit banyak membantu kalian dalam menghadapinya ya kawan-kawan. Jadi, kalian tidak perlu takut dan benci lagi akan namanya persaingan kerja. Tetap semangat dan tunjukkan potensi terbaik kalian di kantor ya kawan-kawan ! 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini