Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sekilas Tusi Direktorat Jenderal Pajak
Muhammad Zulkifli
Rabu, 14 Juli 2021   |   413 kali

    Palembang – Kanwil DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel (SJB) kembali mengadakan kegiatan rutin  RAMU atau RAbu berilMU pengetahuan secara daring/webinar yang diadakan pada Rabu 14 Juli 2021. Adapun webinar kali ini mengambil tema “Mengenal Lebih Dalam Tusi Direktorat Jenderal Pajak dan Perannya Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional”. Acara dimulai sekitar pukul 09.15 WIB dipandu oleh Nurulia Rahmah Izzati Masapu. Mengawali acara dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN SJB Surya Hadi. Surya mengucapkan terima kasih atas kesediaan nara sumber (Ihsan Priyawibawa) yang berkenan meluangkan waktu untuk hadir pada acara webinar yang dihadiri oleh sekitar 185 peserta. Surya juga mengucapkan “Selamat Hari Pajak” kepada jajaran Direktorat Jenderal Pajak.

 

    Surya mengungkapkan bahwa mengenal tusi tiap-tiap unit Eselon I pada Kementerian Keuangan merupakan suatu keniscayaan. Karena pergerakan mutasi/perpindahan baik pegawai pelaksana maupun pejabat antarunit eselon lingkup Kementerian Keuangan sudah berjalan. Sehingga apabila ada pegawai atau pejabat dipindahkan ke unit eselon yang baru, paling tidak pegawai atau pejabat tersebut sudah mengetahui sekilas tusi unit barunya. Pajak sebagai tulang punggung sumber penerimaan negara dengan segala seluk beluk dan berbagai aktivitasnya kiranya  tidak berlebihan untuk diketahui pula oleh insan Kementerian Keuangan. Atas dasar itu, sehingga perlu dilakukan sharing knowledge terkait tusi Direktorat Jenderal Pajak, pungkas Surya mengakhiri sambutannya.  

 

    Setelah Surya memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan paparan dari nara sumber Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Direktorat Jenderal Pajak Ihsan Priyawibawa. Bertindak sebagai Moderator yaitu Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara I Istiqomah Handayani.

 

    Membuka paparan, Ihsan Priyawibawa menyapa peserta webinar yang hadir mengucapkan terima kasih atas diberikan kesempatan untuk berbagi sekilas tentang Direktorat Jenderal Pajak. Ihsan memohon maaf atas keterlambatannya bergabung, karena beliau sebelumnya mengikuti peringatan Hari Pajak yang bertepatan waktunya dengan acara webinar ini. Ihsan menginformasikan bahwa tema Hari Pajak 2021 yaitu “Bersama Pajak, Atas Pandemi, Pulihkan Ekonomi”.

 

    Dalam paparanya, Ihsan menyampaikan sekilas info tentang Direktorat Jenderal Pajak berupa : Visi dan Misi DJP; Tugas dan Fungsi DJP dan unit Organisasi; Struktur Organisasi DJP (terdiri dari 1 Sekretariat, 14 Direktorat, 4 Tenaga Pengkaji, 34 Kanwil, 4 UPT, 352 Kantor Pelayanan Pajak WP Besar/Khusus/Madya/Pratama, dan 204 Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Pajak/KP2KP); Sebaran kantor dan SDM; Struktur Penerimaan Berdasarkan Kelompok KPP (LTO dan Khusus, Madya, dan Pratama); Highlight Aktivitas DJP (pengawasan ekstensifikasi dan intensifikasi, pemeriksaan, penilaian, penegakan hukum, penyelesaian sengketa pajak, pelayanan perpajakan, penyuluhan perpajakan, dan perpajakan internasional); Dukungan Perpajakan untuk Perekonomian dan Penanganan Pandemi; Dukungan Belanja Perpajakan (mendukung dunia bisnis, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan iklim investasi, dan mengembangkan UMKM); Implementasi Insentif Fiskal untuk Dunia Usaha; Strategi Akselerasi Recovery Sosial Ekonomi; Pemanfaatan Insentif Pajak Tahun 2020; Dampak Pemanfaatan Insentif Pajak; Pemanfaatan Insentif Pajak Berlanjut pada Tahun 2021; dan Kinerja Penerimaan Pajak.

 

    Setelah Ihsan menyampaikan paparannya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara ditutup dan berakhir pada sekitar pukul 11.00 WIB. (Tim KIHI-Kanwil SJB-20).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini