Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Indahnya Berbagi di Bulan Ramadhan
Ridho Kurniawan Siregar
Rabu, 29 Mei 2019   |   27446 kali

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan juga penuh ampunan, berdasarkan hadits riwayat Ibnu Majah “Ramadhan itulah bulan yang Allah memfardlukan atas kamu berpuasa didalamnya dan aku telah mensyari’atkan untukmu ibadah malamnya maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan beribadah di malam harinya karena iman dan mengharap akan Allah, maka keluarlah ia dari dosa-dosanya seperti seorang bayi yang dikeluarkan dari rahim ibunya”. Memanfaatkan momen di Bulan Ramadhan, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (RSK) mengadakan berbagai kegiatan selama Bulan suci Ramadhan.

Adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah berbagi makanan untuk berbuka kepada masyarakat sekitar Kanwil DJKN RSK. Kegiatan membagikan makanan untuk berbuka ini dilakukan saat jam pulang kantor sesaat setelah menunaikan ibadah shalat Ashar. “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614). Kegiatan berbagi ini rutin dilaksanakan setiap harinya pada bulan puasa yang berakhir pada hari puasa ke 18.

Kegiatan lainnya yang dilakukan adalah bertepatan dengan mutasinya salah satu pegawai Kanwil DJKN RSK, maka dilakukan acara pelepasan pegawai dengan diiikuti oleh Buka Bersama dengan mengundang ustadz Purna untuk mengisi tausyiah sebelum berbuka bersama. Kegiatan terakhir yaitu dengan membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena “sesungguhnya oraang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan(ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang mulia.” (Qs. Al Hadid: 18).

Diharapkan kegiatan yang telah dilakukan ini dapat memberikan keberkahan pada seluruh pegawai untuk menjadi pribadi yang baik dan bisa menjadi pelayan masyarakat  yang selalu jujur dan ikhlas dalam melaksanakan tugas. dan juga memberikan kerbekahan untuk Kanwil DJKN RSK menjadi lebih maju lagi.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini