Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau > Artikel
Destinasi Ekowisata Pulau Semut Yang Cantik di Pekanbaru
Junaedi Seto Saputro
Senin, 07 Agustus 2023   |   2470 kali

Mari kunjungi pulau semut di Pekanbaru dari namanya saja cukup cantik yang merupakan salah satu bentuk objek ekowisata. Ekowisata adalah aktivitas pariwisata yang lebih menekankan kepada pendidikan lingkungan dan konservasi alam. Salah satu objek ekowisata yang ada di Pekanbaru saat ini adalah Pulau Semut.

 

Atasi rasa pening dengan healing. Tak perlu khawatir lagi tentang budget karena beberapa wisata ini gratis, atau murah lho! Sangat cocok dikunjungi saat liburan. Berkunjung ke tempat wisata gratis menjadi pilihan tepat bagi kita semua yang sedang penat dan kondisi kantong sedang tidak memungkinkan, terutama bagi para pekerja, mahasiswa, dan para pegawai yang jauh dari homebase dan sebagainya.

 

Liburan pada akhir minggu, atau akhir bulan sering kali menjadi beban bagi sebagian orang. Namun, apabila tempat wisata itu memiliki pemandangan yang menarik, spot foto yang gratis. Yakin masih menunda untuk healing? Ayo! Kita kunjungi ekowisata pulau semut di Pekanbaru.

 

Objek ekowisata tersebut terletak di Jalan Pembina No. 3 RW 07, Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru.  Di ekowisata Pulau Semut terdapat bangunan seperti pondok-pondok tempat beristirahat, saung edukasi, gapura, warung, dan lain-lain.

 

Akses untuk sampai ke tempat wisata Pulau Semut pengunjung harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit dari jalan sembilang jika menggunakan sepeda motor atau sekitar 25 menit dari pusat kota bila menggunakan kendaraan roda empat. Rute nya dari jalan Sembilang masuk ke jalan Limbungan terus lurus terus sampai ke jalan Pembina sampai ketemu petunjuk Ekowisata Desa Semut.

 

Atau aksesnya bisa melalui Jalan Limbungan, Jalan Teluk Leok, ataupun melalui Jalan Pramuka. Ada potensi ekowisata yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat di sekitar ekowisata Pulau Semut adalah salah satu ikon wisata terbaru. Ekowisata Pulau Semut ini termasuk wisata yang baru, baru beroperasi beberapa bulan belakangan ini. Beroperasi setiap hari dari pagi sampai sore.

 

Ekowisata atau ecotourism adalah wisata berbasis alam yang mengutamakan pembelajaran lingkungan dan memastikan lingkungan tersebut tidak rusak oleh kegiatan wisata dan juga wisatawan. Dalam arti lain, ekowisata bisa berarti wisata yang dilaksanakan di mana saja dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai objeknya.

 

Di dalam ekowisata juga menekankan pada konservasi budaya, ekonomi masyarakat lokal, dan pemberdayaan sosial masyarakat.  Pulau Semut memiliki beberapa sumber daya tarik tersendiri yaitu dengan keindahan panorama Sungai Siak itu yang juga dilewati, perahu perahu dan kapal barang juga kapal tugboat pertamina, banyaknya pohon-pohonan yang rimbun, ada jembatan kayu, dan beberapa mainan untuk anak-anak juga ada tempat pacuan kuda.

 

Untuk saat ini ekowisata Pulau Semut belum mematokkan biaya, Cuma ada disediakan kotak untuk bagi siapa yang ingin membayar seikhlasnya atau bersedekah, mungkin kedepannya akan mulai dipatokkan biaya parkir dan biaya masuk.

 

Menurut berita dari laman setempat, kegiatan yang telah dilakukan baru-baru ini pada awal bulan agustus adalah Event Pacu Sampan Tradisional untuk pertama kalinya digelar di Kota Pekanbaru. Pembukaan acara Festival Pacu Sampan Tradisional Tahun 2023 ini di lokasi Wisata Pulau Semut, Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai Timur. Walau baru pertama kali diadakan, antusias peserta terlihat dalam kebolehan mendayung sampan di Sungai Siak. Ada 32 peserta Pacu Sampan berasal dari lima kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

 

Di samping pemerintahan kota untuk memajukan dan mempromosikan dengan berbagai kegiatan, kegiatan ini juga melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pekanbaru, untuk mendukung dan mengapresiasi adanya kreativitas masyarakat mengelola tempat wisata. Apalagi dengan adanya Event Pacu Sampan bisa meningkatkan promosi destinasi wisata Pulau Semut bisa menjadi daya tarik wisatawan ke Kota Pekanbaru.  

 

Pulau Semut ini dari namanya saja sudah eksotik, ini akan menjadi daya tarik, ditambah lagi ada Event seperti ini. Target wisatawan domestik tentunya akan bertambah. Saran agar wisatawan tertarik mengunjungi objek ekowisata pulau semut ini, tentunya harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti perbaikan jalan, pembangunan warung/kios kebutuhan sehari-hari, perbaikan toilet sebagai kebutuhan yang mendesak.

   

Kesimpulan dari pengamatan ditempat lokasi masih terdapat kekurangan yang perlu diperhatikan kebutuhan-kebutuhan wisatawan yang sangat mendesak, kios kebutuhan pengunjung, toilet, beberapa mainan rakyat dan anak-anak.

 

Saran agar wisatawan tertarik mengunjungi objek ekowisata pulau semut ini, tentunya harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti perbaikan jalan, pembangunan warung/kios kebutuhan sehari-hari, perbaikan toilet sebagai kebutuhan yang mendesak. Disamping itu perlu dibuat berbagai permainan rakyat mendatangkan arsitektur guna mendesain Pulau Semut menjadi destinasi wisata tradisional dengan sentuhan modern.

 

Penulis                  : Abd. Choliq, Seksi Kepatuhan Internal, Bidang KIHI Kanwil RSK

Referensi              :

  1. https://www.riauonline.co.id/bisnis/read/2023/07/27/kolaborasi-dengan-masyarakat-pertamina-usung-kampung-pangan-madani-dan-ekowisata-pulau-semut

  2. https://tribunpekanbarutravel.tribunnews.com/2022/01/12/kembangan-objek-wisata-pulau-semut-dosen-fahutan-unilak-lakukan-pendampingan-kelompok-ekosiwata.

  3. https://pariwisata.riau.go.id/detail/mengintip-kampung-pangan-madani-dan-ekowisata-pulau-semut-di-pekanbaru

  4. https://infopku.com/wisata-pulau-semut-pekanbaru-tempat-healing-pojok-kota/39973/

  5. https://www.riauonline.co.id/kota-pekanbaru/read/2023/08/04/pacu-sampan-tradisional-targetkan-wisatawan-mancanegara-datang-ke-pekanbaru
Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini