Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tips Saat Membeli Komputer atau Laptop
Ridho Kurniawan Siregar
Rabu, 29 Desember 2021   |   344 kali

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika kita mau membeli komputer atau laptop agar tidak menyesal di kemudian hari?

Menurut saya, yang paling utama, kenali benar-benar kebutuhan komputer atau laptop itu akan digunakan untuk apa, baik sekarang maupun bahkan untuk beberapa tahun ke depan. Lalu hal kedua, untuk menunjang kebutuhan tersebut, spesifikasi komputer atau laptop nya seperti apa. Yang benar-benar sesuai.

Ketika kita memutuskan untuk membeli sebuah komputer, ada beberapa hal berikut yang layak untuk dijadikan pertimbangan guna mengantisipasi agar kita terhindar dari kekeliruan di dalam memilih komputer yang kita inginkan. Harga komputer yang mahal tetapi memiliki kinerja yang tidak sesuai dengan yang diharapkan akan mengecewakan si pengguna komputer tersebut. Meskipun ada banyak pilihan untuk ukuran, kinerja, sistem operasi, dan harga, ini memberi kamu kemampuan untuk mendapatkan laptop yang sempurna untuk kebutuhan kamu.

Berikut ada tips yang dapat membantu kamu dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dasar kamu saat akan membeli

1.     Pilih Sistem Operasi

Pilihan :

·        Windows

·        Mac OS (Khusus MacBook)

Bagi sebagian orang, sistem operasi adalah apa yang membuat komputer berjalan dan jika berfungsi dengan baik, mereka tidak mempermasalahkannya. Bagi yang lain, sistem operasi melampaui komputer. Sebagian besar laptop dilengkapi dengan salah satu dari dua sistem operasi terfavorit dan paling diminati yaitu Windows dan Mac OS (hanya untuk Macbook).

Memilih yang tepat adalah preferensi pribadi, tetapi hal ini menjadi penting untuk diketahui. Windows adalah sistem operasi paling fleksibel dan dioperasikan di lebih banyak model laptop daripada Chrome OS atau MacOS. Versi terbaru dari sistem operasi andalan Microsoft dapat digunakan dalam mode tablet dan desktop.

Kamu akan menemukan Windows mulai dari laptop murah hingga yang harganya lebih dari 10 juta. Windows juga menawarkan fitur paling banyak dibandingkan dengan sistem operasi lain.

Macbook hadir dengan sistem operasi desktop Apple, macOS. Secara keseluruhan, sistem operasi ini menawarkan fungsionalitas yang mirip dengan Windows 10, tetapi dengan tampilan berbeda pada antarmuka yang menggantikan aplikasi di bagian bawah layar untuk menunya. MacOS lebih memadai jika digunakan dalam produk Apple. Dengan MacOS semua perangkat Apple dapat dengan mudah saling terkoneksi.

Selain itu, ada Chrome OS, Google Chrome OS adalah sistem operasi terbaru di pasar dan ditemukan di jajaran laptop Chromebook murah. Meskipun sederhana dan aman, Chrome OS lebih terbatas daripada Windows atau Mac.

2.     Tips Memilih Laptop Berdasarkan Prosesor/CPU

Tips:

·        Semakin baru generasi sebuah CPU semakin bagus.

·        Semakin tinggi spesifikasinya semakin bagus

·        Untuk laptop gaming & desain disarankan di atas core i5 (intel) / ryzen 5 (amd)

·        Perhatikan hasil benchmark untuk melihat perbandingan performancenya

CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari komputer. Prosesor memiliki pengaruh besar pada kinerja komputer, tetapi hal ini tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan. Prosesor Intel Core menawarkan kinerja terbaik dalam hal multi-tasking dan multimedia. Kalau kebutuhannya ringan saja, misal hanya untuk browsing, email, chatting, word, dan excel maka prosesor dual (2) core saja sudah cukup. Tapi jika laptop atau komputer nya akan digunakan untuk video editing, 3D, gaming,  maka minimum yang disarankan adalah quad (4) prosesor.

3.     Tentukan Kapasitas Memori RAM

·        Idealnya laptop sekarang adalah 8GB

·        Untuk gaming & grafis, RAM minimal 8GB

RAM, memori akses acak adalah apa yang digunakan laptop kamu untuk menyimpan data sementara prosesor yang melakukan banyak hal. Semua hal yang sedang dikerjakan sekarang harus bisa muat pada RAM.

Jika RAM terlalu kecil atau kehabisan RAM, kamu tidak akan dapat membuka apa-apa lagi atau menyelesaikan pekerjaanmu. Akhirnya laptop akan membeku dan perlu di-restart. Idealnya laptop sekarang setidaknya memiliki RAM sebesar 8GB dan 16GB. Bagi kebanyakan orang, 32GB atau lebih sudah lebih dari cukup hingga 64GB ke atas.

4.     Pilih SSD atau HDD?

Storage Drive yang lebih penting daripada kecepatan CPU adalah kinerja drive penyimpanan. Jika kamu mampu membelinya dan tidak membutuhkan banyak penyimpanan internal, dapatkan laptop dengan solid state drive daripada hard drive. Ruang penyimpanan di laptop kamu bergantung pada apa yang kamu gunakan untuk itu. Lebih baik membeli laptop dengan solid state drive (SSD), SSD akan menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat secara keseluruhan.

5.     Video Card

Jika keperluan Anda hanya standard saja, Anda mungkin tidak harus khawatir tentang video card ini. Namun, jika Anda seorang penggila games atau untuk kebutuhan desain grafis, maka spesifikasi video card wajib dan penting untuk Anda periksa dan pilih dengan baik. Graphics Chip untuk sebagian besar pengguna laptop, graphic chip terintegrasi (yang berbagi memori sistem) akan berfungsi dengan baik dan ditemukan di sebagian besar laptop. Jika kamu menggunakannya untuk bermain game, membuat grafik 3D, atau melakukan pengeditan video beresolusi tinggi, kamu pasti ingin meningkatkan ke prosesor grafis dari AMD atau Nvidia.

 

Ditulis oleh Hellen – Seksi Infomasi

Sumber Referensi:

https://www.gramedia.com/best-seller/tips-memilih-laptop/

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2021/12/tips-memilih-komputer.html

https://infointermedia.com/bagaimana-cara-memilih-komputer-atau-laptop-sesuai-kebutuhan/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini