Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku
Berita DJKN

Kemenkeu Leaders Talk: Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok - Pokok Kebijakan Fiskal

Rabu, 17 Juni 2020   |   445 kali

Rabu (17/6), Kanwil DJKN Papabaruku mengikuti kegiatan Kemenkeu Leaders Talk Online dengan tema “Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok - Pokok Kebijakan Fiskal: Menentukan Skenario Arah Kebijakan Ekonomi dan Fiskal Tahun 2021” yang diselenggarakan atas kerjasama antara Sekretariat Jenderal (Setjen) dengan Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

Febrio Nathan K. selaku Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu dalam kegiatan tersebut memberikan opening dan keynote speech terkait Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok - Pokok Kebijakan Fiskal kepada para peserta.
Acara yang dimoderatori oleh Rahayu Puspasari (Kepala Biro KLI, Setjen) tersebut berlangsung dari pukul 10:00 s.d. 12:00 WIB dengan mengundang dua narasumber yakni Hidayat Amir (Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, BKF) dan Ubaidi Socheh H. (Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, BKF).

Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok - Pokok Kebijakan Fiskal (KEMPPKF) merupakan bentuk pelaksanaan tugas pemerintah kepada rakyat dalam bentuk dokumen yang akan digunakan sebagai bahan pembicaraan pendahuluan dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) untuk tahun mendatang dan didalamnya tertuang hal-hal terkait kebijakan makro yang melandasi anggaran APBN.

KEMPPKF untuk tahun 2021 ini bisa dibilang unik karena disusun dalam kondisi yang bisa dibilang tidak biasa akibat pandemi COVID-19. Dijelaskan bahwa KEMPPKF 2021 ini awalnya mendulang optimisme perekonomian di awal 2020 terutama karena meredanya perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok. Namun dampak dari pandemi COVID-19 ini menyebabkan perlunya penyesuaian fundamental dalam isi maupun penyajian KEMPPKF 2021 untuk memberikan gambaran yang lebih realistis atas kondisi sosial ekonomi yang terdampak COVID-19.

        Sebagai solusi untuk memberikan respon secara menyeluruh dan berkelanjutan atas dampak negatif dari COVID-19 ini, KEMPPKF 2021 didesain agar APBN 2021 tetap mampu menjadi instrumen untuk melindungi masyarakat yang paling terdampak, untuk memperkuat ekonomi domestik, dan pemulihan kesehatan serta ekonomi nasional. Lebih jauh lagi, melalui KEMPPKF 2021 ini, Pemerintah melakukan perubahan yaitu fokus belanja terhadap program prioritas untuk melakukan reformasi keuangan negara secara menyeluruh.

        Berdasarkan perspektif tersebut, Kebijakan Fiskal 2021 mengangkat tema: “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi”. Dengan tema tersebut, arah Kebijakan Fiskal 2021 adalah percepatan pemulihan sosial ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19.

Kegiatan Kemenkeu Leaders Talk tersebut dilaksanakan via Zoom dan disiarkan secara streaming via channel Youtube Kemenkeu RI.

Berikut link nya:

https://www.youtube.com/watch?reload=9&v=m1a-0zfC-3Y&feature=youtu.be

~(Tim KIHI Papabaruku)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jalan Raya Abepura Kelapa Dua, Entrop, Kompleks Papua Trade Center (PTC), Jayapura Selatan 99224
(0967) 521717
(0967) 521717
kanwildjkn17@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |