Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku
Berita DJKN

DJKN Goes To School 2019 - SMA Negeri 4 Jayapura

Kamis, 14 November 2019   |   81 kali

JAYAPURA – (14/11/2019), Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku (Papabaruku) dan KPKNL Jayapura pada hari Kamis (14/11), mendapat kesempatan untuk berkunjung ke SMA Negeri 4 Jayapura dalam rangka kegiatan DJKN Goes to School tahun 2019 di Kota Jayapura.

Kegiatan DJKN Goes to School ini merupakan salah satu kegiatan untuk memeriahkan Pekan Kekayaan Negara tahun 2019 sebagai bentuk rasa syukur atas Hari Jadi DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara) yang ke-13. Sebelumnya Kanwil DJKN Papabaruku dan KPKNL Jayapura juga melakukan kegiatan talk show di RRI Jayapura dalam rangka sosialisasi terkait lelang. 

DJKN Goes to School di SMA Negeri 4 Jayapura ini diawali dengan sosialisasi singkat tentang rundown acara. Bagi para siswa yang baru datang mengikuti acara wajib untuk registrasi terlebih dahulu agar bisa mendapatkan papan nomor bidding yang nantinya akan digunakan untuk simulasi lelang

Setelah acara pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Widiyantoro, Kepala KPKNL Jayapura, selaku perwakilan DJKN dan kata sambutan dari perwakilan sekolah dalam hal ini oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Herlina Sineri. Selanjutnya, dilakukan penyerahan plakat sebagai bentuk apresiasi dari Kanwil DJKN Papabaruku dan KPKNL Jayapura ke pihak SMA Negeri 4 Jayapura yang diwakili oleh Plh. Kepala Kanwil DJKN Papabaruku, Frengky Setiawan.

Usai sambutan dan penyerahan plakat, acara berikutnya adalah pemaparan materi terkait DJKN secara umum oleh para narasumber  yang merupakan pegawai-pegawai muda Kanwil dan KPKNL yang dikemas dalam penjelasan langsung dan penayangan video. Tidak lupa pula ada games Kahoot setelah pemaparan dari para narasumber, yang pertanyaannya berasal dari materi-materi DJKN dan Kemenkeu yang telah dipaparkan sebelumnya.

Memasuki acara simulasi lelang para siswa diberikan penjelasan singkat mengenai lelang dan tata caranya. Terdapat 5 (lima) barang yang akan dilelang yaitu sepasang sepatu, tiga buah flashdisk, dua buah t-shirt, dan satu buah tas slempang. Tawar menawar harga menjadi hal yang sangat seru karena para siswa sangat bersemangat dan tidak mau kalah dari yang lain hingga pada akhirnya pemenang lelang terpilih.

Sampai pada akhirnya kegiatan memasuki acara sosialisasi terkait Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) oleh pegawai Kanwil yang merupakan lulusan dari kampus PKN STAN. Sosialisasi terkait STAN ini adalah acara yang paling ditunggu oleh para siswa karena banyak dari mereka yang tertarik untuk mendaftarkan diri masuk STAN setelah lulus dari SMA. Disini para siswa nampak sangat antusias dalam mendengarkan materi serta memberikan pertanyaan dan juga menjawab pertanyaan dari para narasumber.

Sebelum acara berakhir, dilakukan penyerahan piagam untuk beberapa siswa terbaik dan penyerahan barang lelang bagi para pemenang lelang pada saat simulasi lelang sebelumnya.

Tiba di penghujung kegiatan, para guru dan siswa berfoto bersama dengan para panitia DJKN Goes to School. Kegiatan DJKN Go to School 2019 di SMA Negeri 4 Jayapura ini merupakan salah satu momen yang paling berkesan bagi kami di tahun 2019 ini, karena kami sangat senang bisa berkunjung dan berbagi cerita serta wawasan dengan para adek-adek kita di SMA Negeri 4 Jayapura ini.

~(Tim KIHI Papabaruku)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jalan Raya Abepura Kelapa Dua, Entrop, Kompleks Papua Trade Center (PTC), Jayapura Selatan 99224
(0967) 521717
(0967) 521717
kanwildjkn17@kemenkeu.go.id