Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku > Artikel
Biaya Bangunan Rumah Tinggal Tipe Sederhana Di Kota Jayapura Provinsi Papua
Michael Gala Bura
Senin, 31 Juli 2023   |   816 kali

Oleh: Santoso, Aryanto Dwi Nugroho

Rumah tipe sederhana banyak dibangun di Kota Jayapura. Pembangunan rumah tipe sederhana ini merupakan bagian dari program pembangunan rumah bersubsidi yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. Rumah-rumah tersebut memiliki luas bangunan 36 meter persegi. Rumah tipe sederhana ini dijual dengan harga Rp219 juta. (Kompas.com,

2022).

Komponen harga jual tersebut secara sederhana dibentuk dari harga tanah dan biaya bangunannya. Biaya bangunannya dapat dihitung dengan menggunakan metode biaya reproduksi. Metode ini menghitung biaya bangunan baru dengan cara mengalikan luasan bangunan dengan harga satuan bangunan per meter persegi sesuai jenis material bangunan yang digunakan. Data jenis material bangunan diperoleh dari pengembang properti di Kota Jayapura tahun 2023.   Data harga satuan bangunan per meter persegi didasarkan pada standar harga satuan biaya dari Daftar Komponen Penilaian Bangunan (DKPB) Tahun 2023 yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Republik Indonesia.


Berdasarkan data empiris, jenis material bangunan tipe sederhana ini meliputi struktur bawah (pondasi batu), struktur rangka (beton), struktur atap (kayu), penutup atap (spandek), dinding (batu tela), langit-langit (tripleks 4 mm), dan pelapis dinding (cat). Bangunan rumah tipe sederhana ini mempunyai luasan 36 meter persegi. Berdasarkan hasil perhitungan dari DKPB tersebut biaya bangunan rumah tinggal tipe sederhana di Kota Jayapura sebesar Rp160.581.000,00.

Artikel merupakan ringkasan atas artikel yang berjudul “Kajian Nilai Bangunan Baru Berdasarkan Spesifikasi Empiris Pada Rumah Tinggal Tipe Sederhana Di Kota Jayapura Provinsi Papua” yang dipulikasikan pada Jurnal Ilmu Sosial dan Teknologi (SOSTECH) Volume 3, Number 6, Juni 2023 p-ISSN 2774-5147; e-ISSN 2774-5155.

Link Jurnal: https://sostech.greenvest.co.id/index.php/sostech/article/view/806/1120

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini