Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Ditanya Oleh Srikandi, Dirjen Kekayaan Negara Beri Solusi yang Diamini Punakawan
Khoirul Umam
Jum'at, 09 Agustus 2019   |   207 kali

Purwokerto - Wayang Wong Punakawan Millenial diramu dengan Tari Srikandi-Cakil dalam pertunjukkan bertajuk “DJKN Omahku” disuguhkan oleh Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta beserta jajarannya kepada para peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DJKN Tahun 2019, pada malam keakraban, Jumat (26/7) di Purwokerto.

Penampilan ini menggambarkan seolah-olah organisasi DJKN yang berumur relatif muda mendapatkan kendala baik internal maupun eksternal. Diperankan dengan Buto yang merusak tatanan suatu omah (rumah). Sumberdaya di dalamnya diperankan dengan punakawan berusaha mencari solusi untuk membangun kembali rumah tersebut namun tidak ada titik temu. Semar pun geleng-geleng kebingungan.

Singkat cerita, Semar bertanya solusi kepada Srikandi yang diibaratkan simbol Pengarusutamaan Gender. Srikandi yang baru saja memenangkan pertarungan melawan Buto Cakil memberikan solusi kepada Semar. Namun, Semar pun masih belum puas.

Srikandi pun punya ide untuk bertanya kepada Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata. Srikandi dengan gaya kemayu mengajak Isa ke panggung dan bertanya solusi atas hambatan internal dan eksternal agar Omah DJKN dapat mengayomi semuanya dan bermanfaat bagi bangsa dan negara tentunya.

Ramai penuh suka ria saat Isa berdialog dengan Punakawan dan Srikandi untuk memberikan solusi. Singkat cerita Punakawan mengamini solusi tersebut dan berkomitmen uuntuk melaksanakannya.

"Mbegegeg ugeg ugeg mmel mmel mmel, sak ndulito langgeng," ucap Semar puas mendapatkan solusi.

Pertunjukan ini digarap secara mandiri oleh jajaran pegawai Kanwil JDKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Dengan segala keterbatasan diharapkan pertunjukan dapat menghibur sekaligus menyelipkan pesan yang bermanfaat.

“Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. DJKN Jaya!” ucap para pemain bersama-sama mengakhiri pertunjukan.

(Penulis/ Fotografer: Seksi Informasi Kanwil DJKN Jateng DIY/ Seksi Informasi Kanwil DJKN Jateng DIY dan Humas DJKN)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini