Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta > Berita
Gandeng DJKN dan Pemprov Jateng, LPEI Gelar Seminar UMKM lingkup Provinsi Jawa Tengah
Unggul Aji Mulyo
Rabu, 04 Oktober 2023   |   89 kali

Semarang (04/10) – Dengan dorongan dari UMKM pada saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, perekonomian benar-benar terbantu secara signifikan. Begitulah sambutan yang dibawakan oleh Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, Kepala Kanwil DJKN Jateng DIY dalam acara seminar yang diprakarsai oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dengan tema “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Perdagangan Internasional.” Acara yang merupakan hasil kolaborasi antara LPEI, Kementerian Keuangan c.q. DJKN dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah ini diselenggarakan pada Rabu (04/10).

 

“Kontribusi teman-teman UMKM ini sangat signifikan pada Pendapatan Domesitk Bruto (PDB), lebih dari 60 persen. Maka, Pemerintah melalui program-programnya berkomitmen penuh untuk mendukung UMKM. Harapannya tentu saja, semakin meningkatnya partisipasi aktif UMKM di perdagangan Internasional.”, papar Kepala Kanwil DJKN dengan sapaan akrab Ani ini.

 

Selanjutnya, Ratna Kawuri, S.H., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, dalam sambutannya memaparkan dampak besar UMKM yang khususnya berada di Provinsi Jawa Tengah. “UMKM kita yang terbanyak bahkan se-Indonesia. PR kami untuk bisa menggerakkan ke kancah Perdagangan Internasional. Memang bukan hal yang mudah dan singkat, tapi dengan komitmen seluruh elemen, kami optimis!”, seru Ratna.


Acara seminar berlanjut dengan paparan dari para panelis, yaitu Dita Yuningtrias, BBUSS., CEIP., Novita Prasetya, S.H., dan Syarif Thalib. Paparan para narasumber yang komprehensif disertai dengan tanya jawab langsung dari para peserta menjadikan acara seminar Ekspor ini berlangsung seru. (Penulis: Unggul Aji Mulyo)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini