Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta > Berita
Kanwil DJKN Jateng & DIY dan BRI Kanwil Semarang Koordinasikan Optimalisasi Lelang
Khoirul Umam
Kamis, 08 Februari 2018   |   2798 kali

Semarang – Sinergi antara Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan BRI Kanwil Semarang terjalin semakin harmonis. Rabu (7/2/2018) keduanya menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka Percepatan dan Optimalisasi Lelang. Acara dihadiri pimpinan kedua belah pihak beserta Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang, Kepala KPKNL Pekalongan, dan Kepala KPKNL Tegal serta Kepala Kantor Cabang BRI wilayah terkait.

Pemimpin Wilayah BRI Kanwil Semarang, Fidri Arnaldy menyampaikan bahwa target lelang BRI tahun 2017 telah tercapai, pihaknya telah mengevaluasi data sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kerjasama yang telah dilakukan berjalan efektif. “Terima kasih banyak. Berdasarkan data yang kami pelajari, kerjasama dan sinerginya efektif,” pungkasnya.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Tavianto Noegroho mengibaratkan kerjasama ini sebagai simbiosis yang mutualisme “Jadi harus sinergi dan berkolaborasi.” ujarnya. Tavianto secara khusus meminta pengajuan nilai limit menggunakan metode penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, tidak ada keterkaitan dengan besarnya nilai hak tanggungan tetapi besarnya nilai objek lelang.

Selain itu, pihaknya berkomitmen untuk bekerja keras sehingga tujuan percepatan lelang dapat tercapai, sekaligus kualitas pelaksanaan lelang dalam artian semakin sedikit lelang yang tidak ada peminat (TAP). Mantan Direktur Hukum dan Humas Kantor Pusat DJKN ini juga meminta pihak BRI ikut memeriahkan acara 110 Tahun Lelang Indonesia, Vendu Reglement Day.

Wakil Pimpinan Wilayah BRI Bisnis, Muhammad Zauron menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang hal-hal yang perlu speedup yang perlu saling dipahami rekan strategis agar target dapat tercapai melalui kerjasama yang harmonis. “DJKN dan BRI ibarat ikan dan air yang saling membutuhkan,” katanya. “Oleh sebab itu Kerjasama yang harmonis ini perlu dijaga,” imbuhnya.

Selanjutnya Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Prastowo Soebagio menyampaikan bahwa capaian lelang tahun 2017 yang memuaskan tidak terlepas dari peran kerja sama dengan stakeholder, salah satunya BRI yang merupakan mitra strategis.

Prastowo lanjut memaparkan capaian kinerja lelang khusus Kanwil BRI Semarang. Disampaikan pula PNBP berkaitan dengan lelang sesuai peraturan terbaru Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2018 tentang Jenis dan Tarif atas jenis PNBP yang berlaku pada Kementerian Keuangan RI. Selanjutnya masing-masing Kepala KPKNL memaparkan capaian kinerja lelang pada unitnya disertai kendala yang terjadi.

Kepala KPKNL Semarang, Wildan Ahmad Fananto mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang dilakukan sehingga target tercapai. Kepala KPKNL Pekalongan, Marhaeni Rumiasih menyampaikan bahwa tidak ada kendala yang signifikan. Sedangkan Kepala KPKNL Tegal, Dwi Hariyanto meminta kuantitas permohonan lelang ditingkatkan sekaligus menginformasikan pemanfaatan BMN untuk ATM. Selanjutnya dilaksanakan focus group discussion.

Acara ditutup dengan penandatangan kerjasama percepatan lelang oleh kedua Instansi tersebut. (Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini