Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Optimalisasi Layanan Berbasis TIK dengan SDM yang Kompeten dan Profesional
Khoirul Umam
Selasa, 05 Desember 2017   |   226 kali

Salatiga - “Tantangan utama kita saat ini terkait nilai Kementerian Keuangan yaitu sinergi, dimana terkadang kita masih ada ego seksi/subbagian pada saat melaksanakan tugas,” kata Tavianto Noegroho, Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta saat memberikan arahan pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Capacity Building (CB) Bagian Umum, Bidang Lelang, dan Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta tahun 2017 pada 28-30 November 2017.

Acara yang diselenggarakan di Kota Salatiga ini merupakan sinergi antara Bagian Umum, Bidang Lelang, dan Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. “Pelaksanaan kegiatan di akhir tahun ini merupakan momentum yang tepat sebagai penyegaran kepada para pegawai agar dapat lebih kuat dan semangat lagi melaksanakan tugas dan fungsi di tahun mendatang,” ujar Kepala Bidang KIHI, Edy Suyanto sebagai ketua panitia.

Kegiatan diikuti 84 orang dari Kanwil dan KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang terdiri dari pejabat/staf pada Bagian Umum, Bidang Lelang, Bidang KIHI, para Kepala KPKNL, para Pejabat Lelang Kelas I, pejabat/staf pada Subbagian Umum, Seksi HI, serta Seksi Kepatuhan Internal. Acara juga dihadiri narasumber dari Sekretariat DJKN, Direktorat PKNSI, Direktorat Hukum dan Hubungan Masyarakat, dan Direktorat Lelang.

Acara cukup padat dengan topik yang beragam. Sosialisasi dari Direktorat Hukum dan Humas tentang Evaluasi Penanganan Perkara dan Mitigasi Risiko Hukum terkait Lelang yang disampaikan Kepala Seksi Bantuan Hukum I, Tri Sutopo. Sosialisasi dari Direktorat Lelang tentang Visi dan Misi Lelang serta Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang disampaikan Kepala Seksi Bina Lelang IA, Istina Setya Lestari dan Kepala Seksi Bina Lelang IIIA, Sunadi. Sosialisasi dari Bagian OKI tentang Penerapan ISO 9001:2015 oleh Hardy Sumaryadi, Kepala Subbagian Tata Laksana.

Selain itu, dilakukan diskusi intensif untuk masing-masing fungsi subbagian/seksi yaitu diskusi implementasi ISO layanan, diskusi tentang pelayanan lelang, diskusi pelaksanaan tugas dan fungsi Seksi KI, diskusi hukum dan penanganan perkara, dan diskusi current issue pengelolaan TIK DJKN yang dihadiri Kepala Subdirektorat Pengolahan Data dan Layanan Operasional, Sunu Subroto dan Kepala Seksi Pengelolaan Perangkat Keras, Lunak, dan Jaringan, Dedy Setiawan dari Direktorat PKNSI.

Pada momen ini juga ditetapkan pengurus daerah Perkumpulan Pejabat Lelang Negara (PPLN) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang diamanahkan kepada Moh. Arif Rochman, Kepala KPKNL Surakarta. Selain itu, juga diberikan apresiasi di bidang kehumasan yang diberikan kepada KPKNL Tegal.

Dalam arahannya Tavianto berharap semua layanan pada KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta harus sudah mendapatkan sertifikasi ISO pada saat ulang tahun DJKN yang ke-12 di bulan November 2018, sehingga semua seksi dan subbagian diharapkan berperan dalam proses sertifikasi tersebut. Pimpinan yang hobi olah raga ini menambahkan bahwa tantangan saat ini adalah layanan lelang pada DJKN yang belum memuaskan dan gugatan lelang yang cukup banyak.

Sebelumnya, Edy Suyanto menyampaikan bahwa latar belakang acara ini adalah hasil pembinaan yang membutuhkan diskusi lebih lanjut serta arahan kepala Kanwil. Kepala Bidang Lelang, Prastowo Soebagio menyampaikan bahwa arahan Menteri Keuangan mengenai pelaksanaan lelang secara e-Auction 100% pada tahun 2018 dan road map Direktorat Lelang tahun 2017 (Optimalisasi Pelayanan Berbasis TIK) dan tahun 2018 (Pemantapan Mutu dan Profesionalisme), untuk itu Pejabat Lelang Kelas I perlu dibekali pemahaman dalam pelaksanaan tugas tersebut.

Kegiatan berjalan baik, para peserta  secara aktif memberikan masukan, saran, dan pertanyaan kepada narasumber sehingga diperoleh manfaat yang maksimal. Pada saat penutupan acara, Tavianto berharap hasil diskusi dapat bermanfaat sehingga tercapai layanan berbasis TIK yang optimal dengan SDM yang kompeten dan profesional.

Pada hari terakhir dilaksanakan capacity building mengenai Integritas, etiket kerja, motivasi, team work, dan komunikasi di Taman Wisata Kopeng.

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini